Berita

Program Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor

 

GPjM FIP UNJ, 18/7/2018,  Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Sofia Hartati, M.Si membuka dan meresmikan pelaksanaan Program Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor, dan diterima dengan suka cita oleh Kepala Camat Bapak H. Zaenal Ashari, S.Sos,. MM beserta aparatur lainnya bertempat di Aula Kecamatan Sukamakmur Lantai 2. Selain Kepala Camat Sukamakmur, hadir pula Korlasdik/Korwas, Ketua PGRI, Kepala Polsek dan Danramil, K3S, Ketua HIMPAUDI, Perwakilan Kades/Sekdes, PKK, Dinas Kesehatan, dan Perwakilan Guru Sukamakmur. Sedangkan dari FIP UNJ selain Dekan, hadir pula Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, dan Wakil Dekan 3 serta para Kaprodi FIP UNJ beserta perwakilan masing-masing Dosen setiap Program Studi di FIP UNJ.

Kegiatan P2M FIP yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ, selaku panitia pelaksanan adalah Tim GPjM FIP UNJ yang bertemakan “Implementasi Layanan Pendidikan untuk Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pendidik, Tenaga Kependidikan serta Masyarakat di Kecamatan Sukamakmur.”

Tepat pukul 09.00, Dekan FIP UNJ membuka acara sekaligus menyampaikan sambutannya. “Dengan kegiatan P2M FIP UNJ peran serta Perguruan Tinggi sangat dibutuhkan terutama bagi penerapan layanan pendidikan untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan pendidik, tenaga kependidikan serta masyarakat di Kecamatan Sukamakmur kedepannya nanti”, jelas Dekan FIP UNJ. Beliau juga menyampaikan bahwa Kecamatan Sukamakmur merupakan desa Binaan UNJ sejak tahun 2007. Dengan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dapat meningkatkan taraf perekonomian dan meninimalisir warga desa putus sekolah, dan buta huruf di Kecamatan Sukamakmur. Pelaksanaan P2M FIP UNJ dilakukan mulai dari tanggal 18 Juli sampai dengan 19 September 2018.

Kepala Camat Sukamakmur dalam paparannya menyampaikan bahwa menghadiri pembukaan kegiatan P2M FIP UNJ merupakan suatu kehormatan, dan dapat membantu terlaksananya Visi-Misi Kecamatan Sukamakmur, yaitu salah satunya untuk meningkatkan pemerataan dan kualitas penyelenggaraan pendidikan di 244 RT, 72 RW,  35 Dusun,  dan 10 desa yang ada di Sukamakmur. Beliau lebih lanjut menyatakan bahwa “UNJ satu-satunya kampus Universitas Negeri di Jakarta dan lokasinya berdekatan dengan Kecamatan Sukamakmur.

Lebih lanjut Kepala Camat Sukamakmur menyampaikan bahwa masyarakat Sukamakmur sangat berterima kasih kepada UNJ karena dapat membantu memberantas buta huruf melalui kerjasama yang telah terjalin sebelumnya dengan Penyelenggara Program Praktikum Kegiatan Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah/PLS (Saat ini dikenal dengan Pendidikan Masyarakat). Saat ini tidak hanya mahasiswa PLS FIP UNJ, namun pelaksananya adalah dosen Program Studi Sarjana S1; PGPAUD, PGSD, BK, MP, TP, PLB/PK, dan S2 BK FIP UNJ yang secara langsung melakukan P2M  untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Sukamakmur.

LINK :
         Universitas Negeri Jakarta
         Webmail

HUBUNGI KAMI :
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Gedung Daksinapati, Rawamangun Muka, Jakarta Timur
Telp/Fax. 021-4755115
Website: http://fip.unj.ac.id
e-mail : fip@unj.ac.id
              fipunj@gmail.com