Profil Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd


Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd

Program Studi PGPAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Email: r.smartini@unj.ac.id

Education
1979 -1983 S1 – Pendidikan Anak Pra Sekolah dan Dasar IKIP Jakarta
1996 – 1998  S2 – Pengembangan Kurikulum IKIP Bandung
2009 – 2014 S3 – Pengembangan Kurikulum UPI Bandung

 

Research Interest
Pengembangan kurikulum AUD; Pembelajaran Sains dan Matematik AUD; Assesment AUD; Perencanaan Pembelajaran AUD; Filsafat Pendidikan

 

Course Taught
TOT Asesor BAN PAUD dan PNFI, Jakarta, Maret 2017 (tingkat nasional) ; Evaluator Video Coder Berbasis Measurement of Early Learning Environments (MELE), Yogyakarta, Februari 2017, Program Pilot PAUD Generasi Cerdas Desa (GCD)  pendanaan World Bank ; Semlok “Teaching Professional Practice” Jakarta, Januari 2017; Semdis “Evaluasi Pembelajaran di PT: Teknik Penyusunan dan Analisis butir Soal”, LPP Univ. Negeri Jakarta, Maret 2015 ; Semdis “Pembelajaran Aktif di PT: Active Learning in Higher Education (ALIHE)”, LPP Univ. Negeri Jakarta, April 2015.

 

Publication
Pengantar Ilmu Pendidikan (Buku), Universitas. Negeri Jakarta, 2007
Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam meningkatkan Mutu pendidikan (artikel-Jurnal FIP Perspektif), 2009
Kepemimpinan Transformasional kepala Sekolah dalam rangka meningkatkan kepuasan Kerja pegawai (artikel – Jurnal FIP Perspektif), 2010
Studi Komparasi Kurikulum 10 Negara (hasil penelitian), Pusat Kurikulum Kemendiknas, 2012
Guru PAUD yang Ideal dan Profesional, 2013
Guru PAUD, Musik dan Tari, 2014
Ekplorasi, Discovery dan Inquiry pola pembelajaran sains untuk AnakUsia Dini, 2015
Model-Model  Kurikulum – Pemahaman secara komprehensif (Buku), Rajawali Grafindo, Jakarta, 2015
Landasan Pendidikan – Suatu Pengantar teoritis filosofis (Buku), Yudhistira, 2016
Early Childhood Educators and Teachers in Indonesia (A Survey of the conditions of teachers earlychildhood in 5 majoir cities of Indonesia) – Journal IJECES Vol. 5 Number 1, June 2016
Pengembangan Model Pembentukan Karakter Mandiri, Disiplin dan Kejujuran pada anak usai 4-5 tahun, 2017 (Proceeding Asosiasi PIAUD Nusantara)
Pengembangan Model Pembentukan Karakter Mandiri, Disiplin dan Kejujuran  dengan pendekatan substantive instruksi langsung pada anak usai 4-5 tahun, 2017 (artikel Jurnal JPUD UNJ)
Pengembangan Model Pembelajaran sains berbasis kegiatan dengan pendekatan inquiry, 2019 (Artikel, jurnal JPUD UNJ)

 

Awards
Penghargaan 30 tahun masa kerja tahun 2015

 

Grants
 Penerapan Komik Belajar Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Anak Jalanan Di Rumah Singgah, 2010 (Dana BLU FIP)
Kurikulum dan Pembelajaran dalam Mengembangkan Pemahaman Konsep Matematis di SD, 2012 (Dana BLU FIP)
Pemahaman Guru tentang Kurikulum dan Pembelajaran dalam Mengembangkan Konsep Matematis di SD, 2014 (Dana BLU FIP)
Pengaruh kegiatan Menggambar terhadap Kemampuan Menulis anak usia 4-5 tahun di TK. Tarakanita, Jakarta Timur, 2015 (Dana BLU FIP)
Pengembangan model Pembentukan Karakter Mandiri dan Disiplin pada Anak Usia 5-6 tahun di Wilayah Tambun Bekasi, 2016 (Dana BLU FIP)
Permasalahan Guru TK di 5 kota besar Indonesia, 2016 (Dana Mandiri)
Pengembangan Model Pembentukan Karakter Mandiri, Disiplin dan Kejujuran dengan pembelajaran substantive instruksi langsung di JABOTABEK, 2017 dan 2018 (Dana Hibah Kemenristek)
Pengembangan Model Pembelajaran Sains berbasis Kegiatan dengan pendekatan Inquiry Learning untuk Anak Usia 5-6 tahun, tahun 2018 (Dana BLU FIP)
Pengembangan Model Pembelajaran Sains Berbasis Konsep dengan pendekatan Exploration, Discovery dan Inquiry Learning untuk Anak Usia 5-6 tahun, tahun 2019 dan 2020 (Dana Hibab Kemenristek)