Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling

VISI

Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Iilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebagai pusat pendidikan profesional bidang Bimbingan dan Konseling yang bermutu pada tahun 2017.

MISI

Misi Program Studi BK FIP UNJ adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan sistem pengelolaan pendidikan yang efektif dan efisien secara transparan dan akuntabel didasarkan kepada kebijakan yang jelas dan terarah merujuk pada Standar Manajemen Mutu ISO 9001: 2008.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang bermutu untuk mencapai standar kompetensi lulusan.
  3. Menghasilkan Sarjana Pendidikan di bidang Bimbingan dan Konseling yang mampu menjawab kompleksitas kebutuhan dan masalah dalam masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Program Studi BK FIP UNJ (tenaga pendidik dan kependidikan) di lingkup sistem pelayanan (pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat) dengan mengikuti perkembangan IPTEKS.
  5. Menyediakan fasilitas pembelajaran yang lengkap dan bermutu (laboratorium, perpustakaan, bahan ajar, media pendukung pembelajaran).
  6. Memberi kemudahan kepada mahasiswa untuk mengakses informasi dan pelayanan kegiatan akademik, serta melibatkan mahasiswa dalam pengembangan IPTEKS.
  7. Meningkatkan kerjasama kelembagaan secara lokal, nasional, regional, dan internasional dalam bidang pendidikan, bimbingan dan konseling, dan bidang ilmu sejenis.
  8. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (P2M) civitas akademika Program Studi BK FIP UNJ pada tingkat Fakultas, Universitas, dan nasional.
  9. Melakukan publikasi karya ilmiah dosen melalui jurnal, bahan ajar, buku teks, dan forum ilmiah.
TUJUAN

Tujuan Program Studi BK FIP UNJ adalah menghasilkan tenaga profesional bidang bimbingan dan konseling pada tahun 2017.

PROFIL LULUSAN

Lulusan dari Program Studi BK FIP UNJ dipersiapkan menjadi profesional dalam bidang bimbingan dan konseling, diharapkan dapat bekerja sebagai guru BK/K pada setting pendidikan dasar, maupun menengah, serta pengembang pelatihan bidang akademik, pribadi, sosial dan karir pada setting pendidikan non-formal