Pembinaan Soft Skills Mahasiswa

  1. Kegiatan Pembinaan terhadap organisasi kemahasiswaan, mulai dari kegiatan yang bersifat akademik maupun non akademik
  2. Kegiatan pembinaan mahasiswa baru melalui Penyelenggaraan Masa Pengenalan Akademik. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan dunia kemahasiswaan pada mahasiswa baru. Perkenalan lingkungan kehidupan kampus. Perkenalan struktur organisasi di tingkat Universitas, Fakultas dan Program Studi. Perkenalan dengan Dosen,Tenaga Administrasi, Kakak tingkat, dan alumni. Perkenalan tentang model perkuliahan dan organisasi kemahasiswaan di Program Studi PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH.
  3. Kegiatan pelatihan-pelatihan, seminar, dan lain-lain sebagai bentuk pembinaan terhadap mahasiswa berprestasi. Misalnya para mahasiswa yang mendapat bea siswa (bidik misi, PPA, BBM, Supersemar, MHERE, BRI, BI, BKM), dan kegiatan pembinaan melalui lalui pertemuan rutin 2 bulan satu kali,
  4. Kegiatan pembinaan bakat dan minat mahasiswa. Hal ini dilakukan melalui pemberian motivasi untuk meningkatkan minat dan bakat mereka.

Misalnya :

  1. Bidang Olah Raga

Kegiatan pembinaan olah raga mahasiswa. Mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, dosen dan karyawan pada kompetisi Tenis Meja, Catur, Badminton, Futsal antar Mahasiswa-Dosen dan karyawan.

Melakukan pembinaan kepada mahasiswa yang memiliki bakat dan keterampilan dalam berbahasa Inggris dan seni musik. Mahasiswa yang memiliki keterampilan berbahasa inggris didukung untuk mengikuti berbagai perlombaan seperti debat bahasa inggris yang diselenggarakan di lingkungan UNJ.  Mahasiswa yang memiliki bakat seni musik dan vokal dianjurkan untuk mengisi hiburan dalam berbagai acara sehingga keterampilan meningkat.

  1. Bidang ICT

Untuk mahasiswa yang berminat pada IT, dimotivasi melalui :

  • Pelatihan Peningkatan Kompetensi Penggunaan Internet dan software.
  • Kompetisi Teknik Game On Line antar mahasiswa se-Program Studi PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH.
  • Kompetesi mendesain antar mahasiswa Prodi PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
  1. Bidang Resque

Untuk mahasiswa yang menyukai tantangan alam, dibina melalui Pelatihan Resque melalui kerjasama dengan organisasi Jakarta Resque. Pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan  kemampuan mengatasi masalah pada waktu banjir, atau situasi darurat lainnya (di gunung dan didaratan).

Materi: Pertolongan pertama pada keadaan darurat di darat dan air. Teknik menyelamatkan korban di air, lumpur. Tanggap bencana di Jakarta, seperti: banjir dan kebakaran, gempa. Teknik pencarian korban dengan anjing pelacak, dsb.

  1. Mahasiswa PLS diberikan workshop cara menulis karya tulis ilmiah dengan tujuan agar para mahasiswa membuat proposal karya tulis ilmiah untuk diajukan pada program PKM dan PMW sebagai program pengembangan keterampilan mahasiswa di UNJ. Bagi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi juga diberikan workshop cara menyusun skripsi yang baik dan benar, kemudian setelah itu dilakukan bimbingan secara intensif oleh para pembimbing skripsi.
  2. Perbaikan peraturan maupun pengawasan dalam berbagai kegiatan yang menunjang akademik dan non akademik, misalnya : dalam Seminar Usulan Penelitian, seminar hasil penelitian, EXPO Program Studi PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH, dan lain-lain
  3. Membuat jaringan alumni melalui web site
  4. Kegiatan Pembinaan terhadap organisasi kemahasiswaan, mulai dari kegiatan yang bersifat akademik maupun non akademik. Kegiatan diisi dengan bimbingan dan konsultasi mengenai kegiatan / program kerja yang akan dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Luar Sekolah selama satu periodenya mengenai baik-buruk, peluang-hambatan, serta kelebihan-kelemahan kegiatan.
  5. Training of Trainer dan Ice Breaking, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk menjadi Trainer Profesional, yang disertai ice breaking, dan games.
  6. Praktek Model-model Belajar, Out Bond, games, Ice Breaking, dan lain-lain melalui kegiatan Jumarama Camp (Jumpa ramah tamah Program Studi PKS UNJ)