Berita

MEMPERSIAPKAN GENERASI MILENIAL YANG UNGGUL DALAM BERWIRAUSAHA UNTUK MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

By: HKM 

FIP UNJ (29/11/2019) – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta melangsungkan kegiatan Seminar Kewirausahaan dengan tema “Mempersiapkan Generasi Milenial yang Unggul dalam Berwirausaha untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada Jumat, 29 November 2019, di Aula Bung Hatta Gedung M Pascasarjana, Kampus A UNJ. Acara pembukaan seminar kewirausaahan dilakukan oleh Wakil Rektor III Kemahasiswaan dan Alumni UNJ (Dr. H. Abdul Sukur, S.Pd., M,Si.), dan dihadiri oleh Wakil Dekan III Kemahasiswaan dan Alumni FIP UNJ (Drs. Bahrudin, M.Pd.),  Para Ketua Program Studi FIP UNJ,   Kasubbag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni FIP UNJ  (Dra. Endang Sri Wahyu N, M.AP), Para Koordinator Kemahasiswaan FIP UNJ, dan Sponsor kegiatan Seminar Kewirausahaan dari Bank Negara Indonesia Pimpinan BNI KCP UNJ (Maya Maharani).

Untuk narasumber kegiatan kewirausahaan adalah Dirjen Penguatan Inovasi, Kemenristek, Bapak Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si. Sedangkan selaku moderator adalah Pembimbing Kewirausahaan FIP UNJ, Ibu Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd., Kons.

Adapun isi sambutan pembukaan dari Wakil Rektor III Kemahasiswaan dan Alumni UNJ (Dr. H. Abdul Sukur, S.Pd., M,Si.) menyatakan bahwa Generasi milenial termasuk mahasiswa FIP UNJ saat ini, harus memiliki jiwa kewirausahaan yang dapat memacu kreativitas mereka sampai tingkat tertinggi untuk menjawab berbagai tantangan, kendala, dan masalah bangsa saat ini dan di masa depan terutama menghadapi revolusi industri 4.0 yang berbasis otomatisasi.

Keinginan berwirausaha para mahasiswa merupakan sumber bagi lahirnya wirausaha-wirausaha masa depan. Jiwa berwirausaha yang dimiliki mahasiswa dapat diimplementasikan saat lulus untuk membuka banyak peluang kerja yang pada akhirnya berdampak positif pada perekonomian bangsa. Dalam mendukung Program Pemerintah untuk meningkatkan jumlah wirausahawan, Universitas Negeri Jakarta berkomitmen untuk menghasilkan wirausaha-wirausaha muda melalui pembinaan-pembinaan kewirausahaan yang dilaksanakan oleh Universitas dan Fakultas-Fakultas yang ada di UNJ. Program Wirausaha bagi mahasiswa yang disiapkan oleh UNJ yaitu Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang bertujuan untuk membantu permodalan bagi calon wirausaha mahasiswa dalam bentuk Hibah PWM sebesar total 400 juta untuk bantuan modal usaha, dan menyiapkan anggaran sebesar 250 juta untuk menyelenggarakan program-program pembinaan wirausaha seperti seminar wirausaha, pendampingan penyusunan proposal bisnis, e-Challenge, e-camp, dan Expo kewirausahaan mahasiswa. Hibah yang lebih besar dari Belmawa melalui Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) serta startup summit. Semoga melalui kegiatan seminar kewirausahaan ini, banyak tumbuh wirausaha muda mahasiswa dimulai dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ.

Narasumber Seminar Kewirausahaan Dirjen Penguatan Inovasi, Kemenristek, Bapak Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si. menegaskan bahwa peran perguruan tinggi dalam mempersiapkan generasi milenial yang unggul dalam berwirausaha untuk menghadapi era industry 4.0 sangatlah penting.  Negara akan maju bila memiliki generasi yang produktif dalam berwirausaha dan memiliki strat up, serta entrepreneur. Pemerintah melibatkan peran perguruan tinggi dalam pengembangan strat up, dan entrepreneur.

Melalui kewirausahaan mahasiswa diajak untuk berpikir inovasi dengan jiwa entrepreneur, kreativitas dan mampu melihat perubahan menjadi inovasi dalam pengembangan usaha, sehingga mahasiswa mampu menghadapi transformasi pembangunan berbasis inovasi untuk penguatan dan peningkatan daya saing bangsa dengan menggunakan tran teknologi di ekonomi digital untuk menghadapi era industry 4.0 melalui kegiatan kewirausahaan mahasiswa.

LINK :
         Universitas Negeri Jakarta
         Webmail

HUBUNGI KAMI :
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Gedung Daksinapati, Rawamangun Muka, Jakarta Timur
Telp/Fax. 021-4755115
Website: http://fip.unj.ac.id
e-mail : fip@unj.ac.id
              fipunj@gmail.com