Seminar Nasional Peta Jalan Pendidikan Indonesia Sukses Dilaksanakan

Seminar Nasional Peta Jalan Pendidikan Indonesia Sukses Dilaksanakan

Seminar Nasional Peta Jalan Pendidikan Indonesia Sukses Dilaksanakan

Rabu, (5/5/2021) Bertempat di Aula Gedung University Training Center Lantai 8, Kampus A Universitas Negeri Jakarta, dilangsungkan kegiatan Seminar Nasional bertajuk “Peta Jalan Pendidikan Indonesia Menuju Tahun 2035”. Seminar Nasional ini menjadi bagian dari rangkaian menyambut Dies Natalis Universitas Negeri Jakarta yang ke- 57. Bukan tanpa alasan, Universitas Negeri Jakarta sebagai perguruan tinggi yang fokus terhadap pendidikan ingin berkontribusi besar terhadap negara dalam rangka mendapatkan beberapa konsep strategis yang berkaitan dengan pemaknaan peta jalan pendidikan nasional itu sendiri.

Prof. Dr. Komarudin, M.Si, Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ), mengatakan penyusunan Peta Jalan Pendidikan harus memperhatikan empat aspek penting yakni evaluasi, akses, keaktualan, dan mutu atau kualitas. ”Empat aspek itu merupakan bagian penting yang perlu dicermati dalam penyusunan Pendidikan 2020 – 2035,” ujarnya dalam seminar nasional tersebut pada hari Rabu (5/5/2021).

Adapun unit yang terlibat dalam kegiatan webinar nasional ini adalah seluruh civitas akademika Universitas Negeri Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Kegiatan seminar ini di inisiasi oleh 2 Fakultas di UNJ, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan FPPsi (Fakultas Pendidikan Psikologi), yang bertindak sebagai pelaksana pada Dies Natalis UNJ ke-57 ini. Selain itu, mengingat masih berlagsungnya pandemi di Indonesia, Seminar Nasional kali ini dilaksanakan dengan metode blended, yaitu menggabungkan antara metoda daring dan luring sekaligus. Seluruh peserta seminar dan beberapa pembicara menghadiri seminar melalui daring, menggunakan platform zoom-meeting,  Sementara pimpinan Universitas Negeri Jakarta seperti Rektor dan jajarannya, Ketua Senat dan jajarannya, Ketua lembaga dan jajarannya, serta Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Dekan Fakultas Pendidikan Psikologi, beserta jajarannya dan beberapa pembicara  berkesempatan hadir luring di Gedung University Training Center Lantai 8, Kampus A Universitas Negeri Jakarta.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Aris Junaidi menggantikan Dirjen DIKTI Kemendikbud Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D sebagai keynote speaker menyampaikan materi berjudul “Kebijakan Pendidikan Tingi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”.

Pihak Komisi X DPR-RI diwakilkan oleh Ketua Komisi X DPR-RI H. Syaiful Huda membahas mengenai peran komisi X DPR-RI dalam mengawal perubahan UU Sisdiknas. Selain dua pembicara tersebut, Seminar Nasional Peta Jalan Pendidikan tahun 2035 ini, pembicara yang membahas mengenai Peta Jalan Pendidikan dan kaitannya dengan Sistem Pendidikan Nasional, yang dibawakan oleh  Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd (UPI), yang saat ini juga berprofesi sebagai Duta Besar Indonesia untuk Uzbekistan.

Dari pihak LPTK ada 3 pembicara yang membahas Peta Jalan Pendidikan dari sudut pandang LPTK, yaitu Prof. Ganefri yang merupakan Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Solehudin yang merupakan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia, dan dari pihak internal UNJ dibahas oleh Prof. Dr. Hafid Abas, M.Pd.

Kegiatan seminar nasional ini diikuti lebih dari 1600 peseta baik dari seluruh Indonesia maupun internasional melalui metoda daring.