Berita

DOSEN UNJ MENGABDI: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENDAMPINGAN DESA WISATA RAWAGEDE DESA SIRNAJAYA KEC. SUKAMAKMUR- BOGOR

Bogor, 13 Juli 2022

Di saat covid-19 sudah melandai berbagai kegiatan masyarakat mulai dilakukan secara tatap muka, termasuk kegiatan Pengabadian Kepada Masyarakat Dosen Program studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Desa Wisata. Karena menjadi tren dalam pembangunan wilayah pedesaan terutama untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia masyarakat desa dalam mengembangkan Desa Wisata Rawagede di Desa Sirnajaya Kecamatan Sukamakmur-Bogor.

Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan selama 2 hari, dengan dihadiri oleh Sekretaris Desa Sirnajaya, Ketua Bumdes, Tokoh Masyarakat/pemuda, Ibu PKK dan Pelaku usaha kecil di sekitar lokasi wisata Rawagede. Mengingat masyarakat lokal berperan penting dalam pengembangan desa wisata karena sumberdaya, keunikan tradisi dan budaya yang melekat pada komunitas tersebut merupakan unsur penggerak utama kegiatan di desa Wisata, lanjut Koord Prodi Karta Sasmita, Ph.D dalam sambutannya.

Kegiatan pengabdian dosen Pendidikan Masyarakat ini di tutup oleh Prof. Dr. Anan Sutisna, M.Pd yang merupakan dosen senior, yang menegaskan bahwa “Keberhasilan pengembangan desa wisata tergantung pada tingkat penerimaan dan dukungan masyarakat lokal yang nantinya akan berperan sebagai tuan rumah dan menjadi pelaku penting dalam pengembangan desa wisata dalam keseluruhan tahapan, mulai dari perencanaan, pengawasan, dan implementasi.

LINK :
         Universitas Negeri Jakarta
         Webmail

HUBUNGI KAMI :
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Gedung Daksinapati, Rawamangun Muka, Jakarta Timur
Telp/Fax. 021-4755115
Website: http://fip.unj.ac.id
e-mail : fip@unj.ac.id
              fipunj@gmail.com