Gelaran Aksi Pemberdayaan Masyarakat di PKBM Lapas Cipinang Ditutup dengan Meriah

Gelaran Aksi Pemberdayaan Masyarakat di PKBM Lapas Cipinang Ditutup dengan Meriah

Gelaran Aksi Pemberdayaan Masyarakat di PKBM Lapas Cipinang Ditutup dengan Meriah

Jakarta (15/12/22) – Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Jakarta baru saja melangsungkan kegiatan pemberdayaan masyarakat di PKBM Pandu Pelajar Mandiri di Lapas Narkotika Cipinang Kelas IIA dalam rangka praktik kerja lapangan. Praktik kerja lapangan para mahasiswa ini berlangsung selama kurang lebih 5 bulan.

Selama menggelar praktik kerja lapangan, mahasiswa Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Jakarta telah menggelar sebanyak 5 program pelatihan, yakni:
– Pelatihan peningkatan bakat dan kepercayaan diri
– Pelatihan bahasa Inggris
– Pelatihan peningkatan public speaking
– Pelatihan desain grafis
– Pelatihan kewirausahaan (konvensional dan digital)


Mahasiswa tidak mengalami kesulitan berarti dalam menjalani tiap program yang ada, semua berkat kolaborasi apik dari tiap pihak yang terkait.

Setelah menyelesaikan kegiatan PKL, mahasiswa Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Jakarta berinisiatif untuk membuat kegiatan perpisahan dengan warga belajar, tutor, serta pamong belajar PKBM Pandu Pelajar Mandiri.

Mempunyai tajuk AKSERA (Ajang Kreativitas Seni dan Ramah Ramah), acara perpisahan ini menjadi wahana pertunjukan hasil belajar para warga binaan selama berproses 5 bulan melalui berbagai program pemberdayaan.

Tak hanya itu, AKSERA pun memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada warga binaan yang aktif terlibat dengan memberikan penghargaan.

Dosen pembimbing kelompok PKL, Drs. Ahmad Tijari, M.Pd menyambut baik inisiatif mahasiswa, sehingga acara ini bisa terealisasi secara maksimal.

“Saya berterima kasih kepada pihak PKBM dan teman-teman kelompok. Harapannya, semoga ke depannya program ini dapat bermanfaat ke depannya setelah (warga binaan)  keluar ke dunia.”

Pihak PKBM, yakni Imam Fahmi, AMd.IP, S.AP selaku Kasi Binadik, Herizal Yusuf, AMd.IP, S.H., M.H selaku Kasupsi Bimkemaswat, dan Rusli Amin S.H selaku Kepala PKBM Pandu Pelajar Mandiri, tampak hadir di acara perpisahan.