Tuntasnya KKN Tematik Mahasiswa Pendidikan Masyarakat, Sebagai Langkah Untuk Terus Besinergi, Berkolaborasi Membangun Desa

Tuntasnya KKN Tematik Mahasiswa Pendidikan Masyarakat, Sebagai Langkah Untuk Terus Besinergi, Berkolaborasi Membangun Desa

Menjalankan tri dharma perguruan tinggi adalah kewajiban dari seluruh sivitas akademika di Universitas. Termasuk bidang pengabdian masyarakat dalam hal ini kegiatan KKN Tematik yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Selama kurang lebih dua bulan para mahasiswa menjalani proses pendewasaan dalam berpikir, bersikap, dan berperilaku secara realistis serta akademis dilingkungan masyarakat desa Sirnajaya Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor.

 Tepat pada hari Kamis tanggal 15 Desember 2022 menandakan bahwa kegiatan KKN Tematik ini sudah tuntas dijalankan oleh mahasiswa Pendidikan Masyarakat (PENMAS) Angkatan 2020. Pada hari itu, acara ditutup dan langsung dihadari oleh pembimbing KKN Tematik Bapak Karta Sasmita M.Pd, M.Si, Ph.D, Koorprodi Bapak Drs. Sri Koeswantono W, M.Si, Sekretaris Kecamatan Bapak Nano Suprijatno S.H, Kepala seksi Pendidikan dan Kesehatan Kecamatan Sukamakmu Bapak Yudi Nurfiudin S.Sos beserta staff, lalu Bapak Ibu Dosen PENMAS, serta perwakilan mahasiswa PENMAS yang menjalani KKN Tematik.

Mahasiswa PENMAS angakatan 2020 telah tuntas menyelesaikan enam program untuk berkontribusi membangun desa Sirnajaya. Enam program tersebut diantaranya program (1) Desa Cerdas, (2) Desa Digital, (3) Sekolah Perempuan, (4) Sosiopreneur, (5) Sanggar Tani Muda, dan (6) Desa Wisata. Setiap program memiliki kewajiban untuk membuat suatu kegiatan yang langsung berkolaborasi dengan masyarakat setempat. Hal ini bertujuan agar para masyarakat desa Sirnajaya dapat memberdayakan diri mereka sendiri kedepannya. Kegiatan KKN Tematik PENMAS tidak hanya sebagai agenda pengabdian masyarakat namun sebagai proses pembelajaran kepada mahasiswa dalam mengimplementasikan seperangkat teori yang telah diterima di bangku kuliah kepada masyarakat secara langsung.

Bapak Drs. Sri Koeswantono M.Si dalam sambutan penutupan KKN Tematik di desa Sirnajaya mengatakan “Kegiatan ini tidak akan berhenti disini, namun justru akan menjadi peluang untuk program studi lain di UNJ ikut serta membangun desa di Sirnajaya”. Dalam sambutannya PENMAS akan terus bersinergi dalam berkontrubusi untuk masyarakat dan kegiatan KKN Tematik yang dilaksanakan selama dua bulan menjadi langkah menjalankan tri dharma perguruan tinggi yaitu bidang pengabdian masyarakat.