Berita

Kegiatan MBKM Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UNJ

Gambar 1. Room Tour PMI Jakarta Barat

Hari ini, di tanggal 6 Maret 2023, merupakan hari pertama dilaksanakannya Program Kemanusiaan yang merupakan suatu rangkaian kegiatan MBKM Prodi Pendidikan Masyarakat UNJ. Kegiatan ini dilaksanakan di PMI Jakarta Barat yang diikuti oleh lima orang mahasiswa dari prodi Pendidikan Masyarakat selama tiga bulan kedepan, tepatnya dari 6 Maret 2023 hingga 1 Juni 2023. Adapun dalam Program Kemanusiaan ini, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk mengikuti rangkaian program atau acara dari mitra yang bersangkutan, namun juga merancang program atau kegiatan tersendiri yang nantinya bisa dilaksanakan demi mencapai tujuan bersama yang sesuai dengan prodi Pendidikan Masyarakat.

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan organisasi perhimpunan nasional di Negara Indonesia yang bergerak pada bidang sosial kemanusiaan. PMI tidak memihak golongan, ras, suku, politik ataupun agama tertentu. PMI dalam pelaksanaannya mengutamakan korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk menyelamatkan jiwa sesama manusia. Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Barat memberikan bantuan dan pelayanan berdasarkan 7 prinsip gerakan kepalangmerahan, yaitu Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, dan Kesemestaan. Gerakan Palang Merah pada awalnya dibentuk untuk memberikan pertolongan kepada mereka yang terluka dalam pertempuran, berupaya mencegah dan mengatasi penderitaan sesama manusia dalam kapasitasnya secara nasional dan internasional.

Kegiatan di hari pertama tak luput dari masa orientasi atau pengenalan. Adapun sebelum melakukan orientasi atau pengenalan, pihak mitra mengadakan penyambutan kepada para mahasiswa yang juga dihadiri oleh dosen pembimbing. Kegiatan ini dilaksanakan di PMI Jakarta Barat tepatnya di ruang rapat yang juga menghadirkan sekretaris PMI Jakarta Barat, Bapak Ujang, sebagai salah satu narasumber yang menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan PMI Jakarta Barat, seperti tugas-tugas pokok, pelaksaan kegiatan sehari-hari, pelaksanaan kegiatan donor darah, hingga jenis-jenis dan ciri-ciri darah yang bisa atau layak untuk didonorkan. Selain itu, selama proses penyambutan juga dilaksanakan serah terima  mahasiswa dari UNJ kepada mitra, dimana dilakukan serah terima antara dosen pembimbing dengan Bapak Ujang selaku sekretaris PMI Jakarta Barat.


Tidak hanya penyambutan, mahasiswa juga diperkenalkan dengan lingkungan atau kawasan di PMI Jakarta Barat, terutama pengenalan terhadap para pengurus, pegawai, dan relawan yang ada. Selain itu, para mahasiswa juga diperkenalkan dengan ruangan-ruangan yang ada di PMI Jakarta Barat beserta kepala divisi dan anggotanya. Pengenalan ini dipimpin oleh Bapak Slamet yang juga merupakan anggota atau relawan PMI Jakarta Barat. Pengenalan dimulai dari lantai 1 yang umumnya terdiri dari ruangan-ruangan yang berhubungan dengan darah, seperti loket pendaftaran, ruang aftap yang merupakan ruang pengambilan darah, loket piket atau jaga 24 jam, ruang laboratorium untuk membeli darah, hingga ruang istirahat dokter. Sedangkan lantai 2 didominasi oleh ruang staff yang didalamnya terdiri dari beberapa divisi, seperti penanggulangan bencana, SDM, dan lainnya. Tak hanya itu, dilantai 2 ini juga ada ruang kepala, ruang sekretaris, dan ruang rapat.

                                                                         Gambar 2. Ruang Altap

Di lantai 3 juga didominasi oleh aula atau ruangan besar yang hanya diisi disaat-saat tertentu, salah satunya seperti penyuluhan. Di lantai 3 juga hanya ada satu unit divisi yaitu divisi Kominfo yang mengurus perihal sosial media dan pengkomunikasian atau media promosi oleh PMI Jakarta Barat. Selebihnya, lantai ini didominasi oleh gudang dan tempat beristirahat para relawan yang sedang piket. Tidak hanya pengenalan, mahasiswa juga diberi pengetahuan tentang etika bertemu pengurus atau relawan PMI Jakarta Barat hingga bagaimana berkomunikasi dengan masyarakat baik secara langsung maupun melalui telepon. Demikian pengenalan lingkungan PMI Jakarta Barat pada 6 Maret 2023, semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

LINK :
         Universitas Negeri Jakarta
         Webmail

HUBUNGI KAMI :
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Gedung Daksinapati, Rawamangun Muka, Jakarta Timur
Telp/Fax. 021-4755115
Website: http://fip.unj.ac.id
e-mail : fip@unj.ac.id
              fipunj@gmail.com