Berita

Proyek Kemanusiaan Prodi Pendidikan Masyarakat UNJ: Turun Tangan dalam Penyaluran Bantuan Korban Terdampak Pertamina Plumpang Bersama PMI Jakarta Barat

Gambar 1: Peninjauan Masyarakat di Tenda Pengungsian

            Kebakaran di depo PT Pertamina (Persero) Plumpang, Jakarta Utara pada hari Jumat (03/03/2023) menyebabkan hangusnya sejumlah bangunan, korban meninggal dunia, dan korban luka-luka. PMI Jakarta Barat bersama Mahasiswa Prodi Pendidikan Masyarakat UNJ turut serta memberikan bantuan dan pelayanan pada korban terdampak. Keterlibatan mahasiswa ini berkaitan dengan skema MBKM Proyek Kemanusiaan yang dimulai sejak 6 Maret sampai dengan 1 Juni 2023.

Dalam Proyek Kemanusiaan ini, para mahasiswa terlibat dalam 7 (tujuh) prinsip gerakan kepalangmerahan, yaitu Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, dan Kesemestaan. Kegiatan diawali dengan melakukan koordinasi seluruh relawan PMI Jakarta Barat yang ikut berpartisipasi dalam penyaluran bantuan kepada terdampak kebakaran. Koordinasi tersebut dilakukan pada saat sebelum berangkat ke lokasi dan setelah berada di lokasi. Setelah koordinasi di lokasi telah selesai, dilanjutkan dengan pemberian kasur, selimut, dan seragam sekolah SD kepada masyarakat terdampak bersama Yukata Indonesia.

Gambar 2: Live Report bersama Owner Yukata Indonesia    

            Selanjutnya dilakukan peninjauan ke tenda-tenda pengungsian di PMI Jakarta Utara. Peninjauan ini dilakukan sembari berbincang dengan masyarakat yang mengungsi di lokasi tersebut. Peninjauan tempat kejadian kebakaran dilakukan bersama Yukata Indonesia. Para mahasiswa melakukan live report yang didokumentasikan di Instagram PMI Jakarta Barat bersama Okan Kornelius selaku Owner Yukata Indonesia. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan berbincang kepada Okan Kornelius seputar penyaluran bantuan yang dilakukan pada hari ini. Demikian adalah kegiatan bantuan kepada terdampak kebakaran depo Pertamina di Plumpang bersama PMI Jakarta Barat pada 09 Maret 2023, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

LINK :
         Universitas Negeri Jakarta
         Webmail

HUBUNGI KAMI :
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Gedung Daksinapati, Rawamangun Muka, Jakarta Timur
Telp/Fax. 021-4755115
Website: http://fip.unj.ac.id
e-mail : fip@unj.ac.id
              fipunj@gmail.com