Berita

Penyambutan Prof. Dr. Astrid Kaiser di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Senin, 8 Mei 2023 Fakultas Ilmu Pendidikan menyambut kedatangan tamu dari SES (Senior Experten Service) Germany, Prof. Dr. phil. Astrid Kaiser. Beliau adalah Profesor pada bidang didaktik sains di Carl von Ossietzky University, Oldenburg.

Didampingi oleh Drs. R.A. Hirmana W., M.Sc. Ed dan Ade dwi Utami, M.Pd, Ph.D, Kedatangan beliau disambut oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Negeri Jakarta Dr. totok Bintoro, M.Pd. di kantornya dan jajaran dekanat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta diantaranya Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Prof. Dr. Fahrurozi, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Wirda Hanim, S.Pd., M.Psi, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Dr. Murni Winarsih, M.Pd., dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. R.A. Murti Kusuma W, M.Si.

Acara penyambutan berlanjut di Gedung Daksinapati yang merupakan rumah dari Fakultas Ilmu Pendidikan diawali sambutan dari ketua pelaksana kegiatan yaitu Ade Dwi Utami, M.Pd., Ph.D., Beliau mengucapkan selamat datang dan menyambut hangat kedatangan Prof. Dr. phil. Astrid Kaiser. Ibu Ade Dwi Utami juga menyampaikan bahwa program Kerjasama dengan SES Germany ini sangat bagus bagi upaya pengembangan keilmuan Pendidikan khususnya di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Untuk itu sebaiknya Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta memaksimalkan waktu kebersamaan dengan Prof. Dr. phil. Astrid Kaiser untuk berdiskusi banyak hal dalam upaya pengembangan ilmu Pendidikan.

Kemudian acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Dr. Wirda Hanim, S.Pd., M.Psi. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Kerjasama dengasn SES Germany ini akan berlangsung selama kurang lebih sebulan kedepan. Sehingga pada kesempatan ini Fakultas Ilmu Pendidikan diharapkan dapat memanfaatkan waktu dengan maksimal untuk berdiskusi dalam upaya pengembangan ilmu Pendidikan. Pada kesempatan ini beliau memperkenalkan para koordinator program studi yang ada di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan. Ibu Wirda Hanim juga menyampaikan pesan dari Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Prof. Dr. Fahrurozi, M.Pd. bahwa Kerjasama ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk berdiskusi dalam upaya pengembangan ilmu Pendidikan dengan expert dari internasional, dan semoga kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh Fakultas Ilmu Pendidikan.

Acara dilanjutkan dengan pengenalan Prof. Dr. phil. Astrid Kaiser, beliau mempresentasikan biografi dirinya yang sangat menarik dan menginspirasi. Menceritakan perjalanan hidup sejak beliau lahir pada tahun 1948 di Astfeld/Harz, hingga berhasil memperoleh gelar Profesor bidang didaktik sains pada tahun 1993 di Carl von Ossietzky University, Oldenburg. Calls for C4 professorship for primary school pedagogy di Universitas Rostock dan Universitas Münster. Pengalaman beliau yang lain diantaranya menjadi head of the Lower Saxony school experiment on a boy- and girl-friendly primary school, member of the Lower Saxon Education Council 1999-2002, management of projects on gender issues as well as ecological  and scientific projects.  Currently energy education for sustainable development and research projects on kindergarten education. Serta lebih dari 60 buku dan 200 artikel terpublikasi.

Penyambutan yang berlangsung di Ruang Gedung Daksinapati yang dihadiri juga oleh para Profesor di lingkungan Fakultas ilmu Pendidikan, Koordinator Program Studi, Dosen senior dan Dosen muda, serta mahasiswa tersebut sangat menarik. Semoga kegiatan Kerjasama ini terlaksana dengan lancar dan memperoleh hasil yang maksimal. Dan akhirnya acara penyambutan ditutup dengan foto bersama.

LINK :
         Universitas Negeri Jakarta
         Webmail

HUBUNGI KAMI :
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Gedung Daksinapati, Rawamangun Muka, Jakarta Timur
Telp/Fax. 021-4755115
Website: http://fip.unj.ac.id
e-mail : fip@unj.ac.id
              fipunj@gmail.com