Berita

International Seminar “Sustainable Education for Caring” Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Jakarta

Seminar internasional dengan tema “Sustainable Education for Caring” ini adalah salah satu agenda dalam rangkaian kegiatan Kerjasama Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dengan SES (Senior Experten Service) Germany. Juga sebagai persembahan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dalam rangkaian acara Dies Natalis Universitas Negeri Jakarta ke-59. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 11 Mei 2023 di Aula Gedung Bung Hatta lantai 5 Universitas Negeri Jakarta. Seminar ini juga diikuti melalui ruang zoom oleh lebih dari 100 peserta dan disiarkan langsung pada kanal youtube Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

Pembicara pada seminar internasional ini adalah Prof. Dr. Astrid Kaiser dan Prof. Dr. Hafid Abbas. Dengan pengalaman menulis lebih dari 60 buku dan 200 artikel ilmiah terpublikasi, Prof. Astrid merupakan Profesor dari Senior Experten Service Germany. Memperoleh gelar profesor pada tahun 1993 di Carl von Ossietzky University, Oldenburg pada bidang Didaktik Sains. Pengalaman beliau yang lain diantaranya menjadi head of the Lower Saxony school experiment on a boy- and girl-friendly primary school, member of the Lower Saxon Education Council 1999-2002, management of projects on gender issues as well as ecological  and scientific projects.  Currently energy education for sustainable development and research projects on kindergarten education.

Sementara itu Prof. Dr. Hafid Abbas adalah Guru Besar Tetap pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Senat Universitas Negeri Jakarta. Prof. Dr. Hafid Abbas merupakan salah satu dari 11 anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Republik Indonesia periode 2012 – 2017. Pengalaman beliau yang lain diantaranya menjabat sebagai Kepala Lembaga Penelitian Universitas Negeri Jakarta tahun (1992), Deputi Menteri Negara Urusan HAM (1999 – 2000), Direktur Jendral HAM di Departemen Hukum dan HAM (2001 – 2006), Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) HAM di Departemen Hukum dan HAM (2006 – 2010).

Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan pembacaan do’a oleh Dr. Otib Satibi, M.Pd. Dosen Program Studi Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Kemudian seminar ini dibuka oleh Dr. Wirda Hanim, S.Pd., M.Psi. Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dengan menyampaikan sambutan mewakili Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta atas nama Prof. Dr. Fahrurozi, M.Pd. Beliau berpesan semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan semoga kita dapat memetik dan memanfaatkan ilmu yang akan disampaikan oleh para narasumber yang sangat mumpuni dalam dunia pendidikan.

Kesempatan seminar yang luar biasa ini dipandu oleh Ade Dwi Utami, M.Pd., Ph.D, Dosen Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Pemaparan materi dimulai dengan Prof Astrid menyampaikan tentang tema ”Sustainable Education for Caring”. Beliau mengawali dengan menyampaikan tentang apa yang terjadi di dunia saat ini tentang perubahan iklim yang ekstrim menyebabkan kebakaran hutan, kerusakan lingkungan, dsb. Untuk itu sebagai upaya agar generasi kedepan dapat terus menikmati keindaahan bumi tentu saja kegiatan-kegiatan pada praktis Pendidikan yang ramah lingkungan perlu ditanamkan pada Pendidikan dasar dan Pendidikan anak usia dini. Tidak hanya menumbuhkan kepedulian terhadap alam tetapi juga kepada sesama manusia. Beliau menyebut “Caring Curriculum” dimana ada circle di dalamnya memuat tentang self, peers and friends, distant others, plants and animals, human made world, ideas.

Pada kesempatan berikutnya Prof. Abbas berbagi materi dari perspektif yang berbeda berdasarkan penelitian beliau tentang ”South Africa Best Student Cities Rankings 2021: A Reflection on the Spirit of Student City of Soukarno 1953”. Dan bagaimana kita Indonesia yang memiliki banyak perguruan tinggi seharusnya mampu menunjukkan kualitas Pendidikan yang lebih bagus. Dari konteks system Pendidikan bagaimana kurikulum dan peraturan secara keseluruhan.

Diskusi berlangsung sangat menarik, diantaranya yang turut memberikan tanggapan untuk berdiskusi Dr. Sugiarto, M.A dan Prof. Dr. Supadi, M.Pd. Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan seminar kemudian ditutup dengan pemberian cindra mata kepada narasumber.

Materi lengkap seminar ini dapat disaksikan pada link https://www.youtube.com/watch?v=UPJ-w8zKaqQ&t=8482s

LINK :
         Universitas Negeri Jakarta
         Webmail

HUBUNGI KAMI :
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Gedung Daksinapati, Rawamangun Muka, Jakarta Timur
Telp/Fax. 021-4755115
Website: http://fip.unj.ac.id
e-mail : fip@unj.ac.id
              fipunj@gmail.com