Berita

Kolaborasi Kegiatan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Dan Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi Mara Malaysia

 

”Wellbeing at University : How Students Deal with Mental Health”

Webinar internasional dengan tema “Wellbeing at University : How Students Deal with Mental Health” yang diselenggarakan secara daring pada hari Minggu 11 Juni 2023, merupakan hasil kolaborasi kegiatan kemahasiswaan antara Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dengan Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi Mara Malaysia. Selain melalui zoom yang diikuti oleh sekitar 300 partisipan, webinar internasional ini juga disiarkan secara live pada kanal youtube FIP UNJ dengan lebih dari 350 penonton.

( Youtube FIP UNJ : https://youtube.com/live/AJgGiC8meMg?feature=share )

Kegiatan webinar dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan Malaysia serta Mars UNJ dan UiTM. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta oleh Prof. Dr. Fahrurozi, M.Pd, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Beliau berharap kegiatan kerjasama internasional ini dapat ditindaklanjuti lebih besar lagi, baik untuk pengembangan kompetensi dosen dan juga mahasiswa. Kerjasama-kerjasama internasional seperti inilah yang diperlukan Fakultas Ilmu Pendidikan dalam rangka mendukung Universitas Negeri Jakarta menuju kampus kelas dunia.

Narasumber dalam webinar internasional ini adalah Dr. Susi Fitri, M.Si., Kons. Beliau adalah Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Beliau menyampaikan materi tentang kesehatan mental dalam personal perspektif dan makro perspektif. Narasumber berikutnya adalah Siti Kamalia Binti Sabri, KB. PA. beliau adalah Dosen Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi Mara Malaysia. Puan Siti Kamalia menyampaikan materi tentang kesehatan mental dengan tag line “Mind your Mind” yaitu pikirkan pikiran anda. Bagaimana cara menghadapi kesehatan mental dan cara menguruskannya.

Setelah pemaparan materi oleh para narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan talkshow oleh para mahasiswa dan mahasiswi dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dan juga Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi Mara Malaysia. Diantaranya Cindini Febriani yang merupakan Peer Helper KBKR & UPT LBK UNJ dan Muhammad Danial Bin Muhamed Farook yang merupakan Bachelor of Science Education (Hons.) Mathematic. Dimoderatori oleh Soraya Nuron Jamil Ketua Mawapres Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dan Nurul Fatin Nadhirah Ardin Bachelor of Science Education (Hons.) Biology.

Kegiatan webinar internasional ini ditutup oleh Dr. Zarizi, Dekan Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi Mara Malaysia. Beliau menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada persatuan mahasiswa baik dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta maupun Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi Mara Malaysia, yang telah berhasil berkolaborasi dalam menyelenggarakan webinar internasional dengan tema “mental health” yang merupakan hal yang sangat penting bagi seluruh mahasiswa dalam menghadapi proses perkuliahan. Beliau juga berharap kolaborasi mahasiswa lintas negara ini dapat terus berlangsung dengan sangat baik dan memberikan manfaat kepada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dan juga Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi Mara Malaysia.

LINK :
         Universitas Negeri Jakarta
         Webmail

HUBUNGI KAMI :
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Gedung Daksinapati, Rawamangun Muka, Jakarta Timur
Telp/Fax. 021-4755115
Website: http://fip.unj.ac.id
e-mail : fip@unj.ac.id
              fipunj@gmail.com