Berita

Fakultas Ilmu Pendidikan menyelenggarakan Diskusi dengan  Senior Profesor University dari Western Cape dan Intenational Financial Expert

Senin, 26 Juni 2023 Fakultas Ilmu Pendidikan menyambut kunjungan Prof. Najma Moosa senior profesor dari University of Western Cape dan Mr. Jean B. Bilala seorang International Financial Expert dari Afrika Selatan. Dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Prof. Dr. Fahrurozi, M.Pd. kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Senat Universitas Negeri Jakarta Prof. Dr. Hafid Abbas. Beliau berdua menyampaikan bahwa untuk menuju kampus kelas dunia, kegiatan-kegiatan dalam lingkup internasional perlu ditingkatkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan. Semoga kegiatan diskusi dengan Prof. Najma Moosa yang merupakan Senior Profesor dari University of Western Cape dan Mr. Jean B. Bilala yang merupakan International Financial expert dari Afrika Selatan dapat ditindak lanjuti dan menghasilkan Kerjasama antara Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dan University of Western Cape dan juga dengan Mr. Jean B. Bilala.

Kegiatan diskusi diikuti oleh pimpinan fakultas, senat, coordinator program studi dan dosen,. Diskusi dipandu oleh Drs. R.A. Hirmana W., M.Sc.Ed.  dan Ade Dwi Utami, S.Pd, M.Pd, Ph.D sangat menarik pemaparan dari Prof. Najma Moosa serta Mr. Jean B. Bilal. Diantaranya membahas bagaimana strategi agar UMKM dapat bertahan dan berkembang yaitu dengan memahami manajemen resiko, fleksibilitas, kesederhanaan, melatih dan mendidik masyarakat UMKM. Serta bagaimana mengatur keuangan agar sebuah organisasi dapat bertahan dan berkembang, khususnya organisasi Pendidikan dimana saat ini UNJ sedang bertransformasi menuju PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum). Peserta diskusi sangat antusias untuk dapat bekerjasama lebih lanjut dalam hal Pertukaran pelajar, pertukaran dosen, dan juga kolaborasi penelitian. Kemudian menggarisbawahi beberapa kata dalam diskusi ini bahwa dengan ”Memaknai apa yang kita kerjakan maka hasilnya akan menjadi bermakna”. Dalam diskusi ini dibahas juga mengenai pentingnya peran wanita dalam masyarakat khususnya keluarga, namun dalam sebuah keluarga diperlukan kolaborasi dari seluruh anggota dalam keluarga untuk mendidik dan memahami anak-anak kita, bukan hanya ibu yang berperan melainkan ayah dan juga seluruh anggota keluarga memegang peran penting dalam mendidik anak-anak. Salah satunya dengan menanamkan kedisiplinan, komitmen dan tanggungjawab sejak dini.

Kegiatan ditutup dengan penyimpulan dari Prof. Hafid Abbas bahwa semoga kegiatan ini dapat ditindaklanjuti sehingga menghasilkan sebuah kerjasama antara Fakultas Ilmu Pendidikan dan University of Western Cape.

LINK :
         Universitas Negeri Jakarta
         Webmail

HUBUNGI KAMI :
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Gedung Daksinapati, Rawamangun Muka, Jakarta Timur
Telp/Fax. 021-4755115
Website: http://fip.unj.ac.id
e-mail : fip@unj.ac.id
              fipunj@gmail.com