Berita

INTERNATIONAL VOLUNTEERISM Leadership Talk : Interconnection VUCA, Student Oraganization, and Leadership

Leadership talk adalah agenda pertama dalam rangkaian kegiatan kolaborasi internasional Fakultas Ilmu Pendidikan Univerdsitas Negeri Jakarta dan Universiti Teknologi Mara Malaysia. Dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 19 September 2023, Kegiatan berlangsung di Gedung Ki Hajar Dewantara lantai 9. Diikuti oleh 100 lebih peserta mahasiswa dari lingkungan FIP UNJ dan UiTM Malaysia, serta pimpinan dan dosen pendamping dari kedua universitas. Kegiatan dimulai dengan pembacaan do’a dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan Malaysia. Dilanjutkan dengan sambutan oleh perwakilan dari UiTM Dr. Raja Razuan Raja Deris, beliau berharap dengan kegiatan leadership talk semacam ini mahasiswa dapat menemukan solusi bagaimana meneruskan estafet kepemimpinan di masa depan. Kemudian sambutan sekaligus membuka kegiatan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Jakarta Dr. H. Abdul Syukur, S.Pd., M.Si., beliau memberikan motivasi kepada seluruh peserta khususnya mahasiswa UNJ untuk terus semangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan kolaborasi internasional ini dan beliau juga berharap kegiatan seperti ini dapat terus dikembangkan.

Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd. sebagai keynote speaker dalam agenda leadership talk ini. Beliau berpesan bahwa di era VUCA ini, yaitu era yang penuh dengan ketidakpastian, mahasiswa diharapkan siap dan mampu menghadapi segala perubahan yang serba cepat. Untuk itu mahasiswa sebagai generasi penerus hendaknya menguasai kompetensi untuk mampu bertahan dan terus maju. Kompetensi tersebut diantaranya : Kemampuan dalam memecahkan masalah; kreatifitas; kemampuan berkomunikasi; dan kolaborasi. Kompetensi inilah yang perlu dikuasai mahasiswa untuk menuju keberhasilan dalam menghadapi segala perubahan dan ketidakpastian masa depan.

Acara dilanjutkan dengan leadership talkshow dengan tema “Interconnection among VUCA, Student Organization and Leadership”. Dengan speakers perwakilan dari FIP UNJ yaitu Muhammad Ar Raffi selaku Ketua BEM FIP UNJ dan Sisca Amelia selaku Ketua BPM FIP UNJ serta perwakilan dari UiTM yaitu M. Ammar Khashah Bin Mohamad Shahnny dan Amirul Aiman Bin Abdul Razak. Moderator dalam kegiatan diskusi ini adalah Soraya Nuron Jamil yang merupakan mahasiswa FIP UNJ.

LINK :
         Universitas Negeri Jakarta
         Webmail

HUBUNGI KAMI :
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Gedung Daksinapati, Rawamangun Muka, Jakarta Timur
Telp/Fax. 021-4755115
Website: http://fip.unj.ac.id
e-mail : fip@unj.ac.id
              fipunj@gmail.com