Berita

CULTURAL EXCHANGE :

Culture Appreciation with Special Performance from Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta and Universiti Teknologi Mara Malaysia

Masih bertempat di Gedung ki Hajar Dewantara lantai 9, Selasa 19 September 2023. Cultural Exchange menjadi agenda berikutnya setelah selesainya agenda Leadership Talk. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan saling menghormati perbedaan budaya dari masing-masing negara Indonesia dan Malaysia. Diikuti oleh mahasiswa dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ dan UiTM, acara ini berlangsung sangat meriah.

Dihadiri oleh 100 lebih mahasiswa dari FIP UNJ dan UiTM Malaysia, acara ini dibuka dengan penampilan special tari tradisional Rempug Betawi dari komunitas tari FIP UNJ. Kata “repug” berarti kebersamaan dalam kalangan warga Betawi. Tari ini menunjukkan keceriaan dan kesenangan anak-anak di lingkungan Bambu Apus dalam kehidupan sehari-harinya. Penampilan tari tradisional ini disambut dengan antusias dan mendapatkan apresiasi yang sangat meriah dari seluruh partisipan.

Dilanjutkan dengan penampilan sketsa pantun dari mahasiswa UiTM. Pantun sendiri merupakan tradisi yang sangat populer di dua negara ini Indonesia dan Malaysia. Penampilan sketsa pantun dari mahasiswa UiTM pun mampu menarik perhatian dan kemeriahan pada rangkaian agenda siang hari itu. Apresiasi yang sangat meriah juga diberikan oleh para partisipan atas penampilan sketsa pantun dari mahasiswa UiTM.

Setelah penampilan sketsa pantun, giliran talenta-talenta dengan suara emas dari FIP UNJ dan UiTM bergantian menyuguhkan penampilan yang sangat luar biasa dengan menyanyikan lagu-lagu daerah dan juga modern dari masing-masing negara Indonesia dan Malaysia. Diantara dari perwakilan FIP UNJ ada penampilan band akustik yang digawangi sultan dan kawan-kawan, penyanyi solo diantaranya : Intan Sabrina, Ridwan,Stevi, dan Allysha yang turut memeriahkan kegiatan Cultural Exchange tersebut.

Acara cultural Exchange ditutup dengan lagu “Rungkad” yang mengajak seluruh partisipan secara sendirinya maju ke panggung dan memeriahkan penutupan acara tersebut.

LINK :
         Universitas Negeri Jakarta
         Webmail

HUBUNGI KAMI :
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Gedung Daksinapati, Rawamangun Muka, Jakarta Timur
Telp/Fax. 021-4755115
Website: http://fip.unj.ac.id
e-mail : fip@unj.ac.id
              fipunj@gmail.com