Berita

STUDIUM GENERAL MAGISTER BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA SCHOOL COUNSELOR GOING DIGITAL

Di era digital yang terus berkembang pesat seperti saat ini, pengetahuan digital menjadi suatu keharusan yang tak terhindarkan. Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor sekolah, sebagai pihak yang memiliki peran penting dalam membimbing dan mendukung perkembangan siswa, perlu mengembangkan keterampilan digital ini. Pengetahuan digital bagi konselor sekolah sangatlah penting, bukan hanya untuk menjawab tuntutan zaman, tetapi juga untuk memberikan pelayanan yang lebih efektif dan relevan kepada siswa-siswi yang mereka layani. Ada beberapa hal penting mengenai perkembangan digital yang perlu diperhatikan oleh konselor sekolah yaitu  1) mempersiapkan siswa untuk dunia digital, 2) akses ke sumber daya, 3) pengembangan layanan berbasis Online 4) penggunaan data untuk pemantauan dan evaluasi. 5) keterlibatan orang tua dan komunitas orang tua dan masyarakat.

Untuk itu Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling mengadakan kegiatan Studium General sebagai bentuk tradisi dunia akademik menyambut mahasiswa baru Angkatan 2023 yang terdiri dari jenjang sarjana dan jenjang magister. Dr. Susi Fitri (Korprodi S2 BK) dalam sambutannya menyampaikan bahwa isu ini menjadi penting bagi guru BK agar dapat mengembangkan kemampuan digital untuk kerja profesional guru BK dan pada saat yang sama menangani  permasalahan digital yang berdampak ke peserta didik. Sedangkan Nara sumber Septiaji Eko Nugroho (Ketua Presidium Mafindo) menyampaikan empat pilar literasi digital yang penting untuk dikuasai. Empat pilar tersebut yaitu: kecakapan, keamanan, etis, dan budaya digital. Kegiatan dilaksanakan di Fakultas Ilmu Pendidikan pada Jumat 13 Oktober 2023 pukul 09.00 – 12.00 diikuti oleh 90 orang mahasiswa baru Angkatan 2023. Sesi berlangsung seru dan interaktif dan memberikan inspirasi kepada mahasiswa. Sebagai kelanjutkan dari kegiatan ini akan dikembangkan upaya-upaya kolaborasi bersama antara Mafindo dan S2 BK UNJ.

LINK :
         Universitas Negeri Jakarta
         Webmail

HUBUNGI KAMI :
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Gedung Daksinapati, Rawamangun Muka, Jakarta Timur
Telp/Fax. 021-4755115
Website: http://fip.unj.ac.id
e-mail : fip@unj.ac.id
              fipunj@gmail.com