Berita

Delegasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta mengikuti Opening Ceremony pada Global Wellness Leadership Week (GWLW) di Kampus Puncak Alam, Universiti Teknologi MARA, Malaysia

Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia mengundang mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dalam program Global Wellness Leadership Week (GWLW), pada 15-19 Mei 2024, di Kampus Puncak Alam, Selangor, Malaysia. Selain mahasiswa FIP, mereka juga mengundang mahasiswa UNJ dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial. GWLW diikuti oleh beberapa peserta internasional, selain dari Indonesia, yaitu dari Korea Selatan dan Thailand. Juga ada peserta dari perwakilan beberapa kampus UiTM cabang lainnya. Sebagai informasi UiTM memiliki 34 cabang di seluruh wilayah Malaysia.

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta mengirimkan 5 Delegasi Mahasiswa untuk mengikuti kegiatan GWLW, yaitu Fiola Maharani Zamira Ayu (Teknologi Pendidikan), Vidia Amalia Tunnisa (Manajemen Pendidikan), Allysha Amanda Putri (Bimbingan Konseling), Fathiya Zahida (Pendidikan Masyarakat), dan Muhammad Fatih Abdurrahman Alghifary (Pendidikan Khusus). Pengiriman delegasi ini, merupakan bentuk hubungan timbal balik antara kedua perguruan tinggi, mengingat pada tahun 2023, UiTM telah melaksanakan kegiatan sejenis dengan tajuk International Volunteerism di Jakarta dengan menunjuk FIP UNJ sebagai penyelenggaranya. Pada tahun 2024 ini, melalui GWLW setidaknya ada 8 rangkaian aktivitas yang dilakukan, yaitu mulai dari opening ceremony, Global Innovation Forum, Leadership Symposium, Ikon Muadib (Public Speaking Competition),  International Volunteerism, City Explore, Teaching Aid, sampai dengan Closing Ceremony.

Mahasiswa didampingi oleh Dekan FIP UNJ, Dr. Murni Winarsih, M.Pd. dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FIP UNJ, Dr. Murti Kusuma W., S.IP, M.Si., tiba di Kuala Lumpur International Airport tanggal 15 Mei 2024, dengan dijemput oleh mahasiswa serta dosen. Perjalanan selama 1 Jam menuju Kampus UiTM Puncak Alam untuk langsung melaksanakan acara penyambutan (Opening Ceremony) di Fakulti Pendidikan.

Opening Ceremony dihadiri oleh pihak UiTM Cawangan Selangor, Associate Professor Dr Badrul Isa selaku Deputy Rector of Student Affairs, UiTM Cawangan Selangor. Pihak UiTM Puncak Alam, Assoc. Prof. Dr Zarizi Abdul Rahman — Deputy Dean Student Affairs (Faculty of Education UiTM), Dr Dr Mazlan Che Soh- Deputy Dean Student Affairs (Faculty management sciences and policy studies) dan, Assoc Prof YM Dr Raja Razuan Raja Deris, Deputy Dean Student Affairs (Faculty of Applied Sciences) serta seluruh delegasi yang telah hadir.

Opening ceremony diawali oleh menyanyikan lagu Negaraku, Wawasan Setia Warga UiTM juga lagu Indonesia Raya & Mars UNJ. Selanjutnya, sambutan dari perwakilan UiTM Cawangan Selangor, Associate Professor Dr Badrul Isa Deputy Rector of Student Affairs, UiTM Cawangan Selangor. Dekan FIP UNJ, Ibu Dr. Murni Winarsih, M.Pd, dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terimakasih dan harapan kegiatan Global Wellness Leadership Week dapat menjadi sarana saling bersilaturahmi, berkompetisi dan saling belajar bersama.

Fiola Maharani Zamira Ayu, selaku perwakilan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta juga turut memberikan sambutan dan menyatakan bahwa GWLW merupakan wadah yang tepat untuk menjalin kolaborasi dan kerjasama internasional antara mahasiswa. Amirul Aiman Bin Abdul Razak, selaku perwakilan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UiTM Puncak Alam menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan GWLW dan menyoroti betapa pentingnya kerjasama internasional dalam bidang pendidikan. Mereka berharap agar acara ini dapat terus diselenggarakan secara rutin dan melibatkan lebih banyak peserta dari berbagai penjuru dunia untuk memperkuat hubungan antar mahasiswa dan institusi pendidikan secara global.

Setelah mengikuti opening ceremony, seluruh delegasi menuju penginapan, yaitu di Kolej (semacam asrama mahasiswa) yang berada di lingkungan Kampus Puncak Alam, yang menjadi tempat tinggal delegasi internasional selama mengikuti rangkaian aktivitas GWLW ini. Acara kemudian dilanjutkan untuk mengikuti aktivitas kedua, yaitu Global Innovation Forum.

LINK :
         Universitas Negeri Jakarta
         Webmail

HUBUNGI KAMI :
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Gedung Daksinapati, Rawamangun Muka, Jakarta Timur
Telp/Fax. 021-4755115
Website: http://fip.unj.ac.id
e-mail : fip@unj.ac.id
              fipunj@gmail.com