Buku Kawasan Pengembangan Atau Penciptaan dalam Teknologi Pendidikan




Deskripsi
SINOPSIS
Daftar Isi

DESKRIPSI

Berat             : 200 g

Cetakan        : 1

Halaman       : 138

Jenis Cover    : Soft Cover Art Carton

Jilid              : Perfect Binding

Kertas Isi       : Book Paper

Pengarang    : Suprayekti, R. A. Hirmana Wargahadibrata, Wasetya Fatharani, Acep Ahmad Ardiansyah

Tahun Terbit : 2022

Ukuran          : 17,6 (lebar) x 25 cm (tinggi)

ISBN             : (masih dalam proses)

Profesi dalam bidang Teknologi Pembelajaran meliputi lima kawasan, yaitu desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian. Lima kawasan ini menjadi bidang garapan teknologi pembelajaran. Bidang garapan ini mulai banyak diminati oleh ahli Teknologi Pendidikan seiring dengan perkembangan komputer. Produk-produk yang dihasilkan berupa inovasi media, inovasi buku, inovasi sistem pembelajaran/pelatihan yang pada tingkat mikro, inovasi modul, inovasi learning object untuk LMS, dan lain-lain.

Kecenderungan peminatan bidang pengembangan (1994) atau penciptaan (2004) perlu ditunjang dengan konsep yang memadai. Disamping itu, bidang garapan pengembangan atau penciptaan merupakan bidang garapan yang memiliki proses paling kompleks, sehingga diperlukan sebuah acuan untuk menentukan model pengembangan yang tepat untuk suatu penelitian pengembangan.

Buku ini hadir dengan mendeskripsikan prosedur pengembangan serta penerapannya dimulai dengan penerapan pada pengembangan bahan ajar cetak, pengembangan gamifikasi, pengembangan program pelatihan, dan pengembangan instrumen penilaian kinerja.

BAB I HAKIKAT PENGEMBANGAN/PENCIPTAAN 

  1. Definisi Teknologi Pendidikan
  2. Pengertian Pengembangan/Penciptaan
  3. Tugas

BAB II MODEL PENGEMBANGAN/PENCIPTAAN

  1. Konsep Model
  2. Ragam Model Pengembangan/Penciptaan
  3. Implementasi Metode Penelitian dan Pengembangan dalam Kawasan Pengembangan/Penciptaan
  4. Tugas

BAB III PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CETAK

  1. Pengembangan Bahan Ajar Cetak (Buku Ajar)
  2. Pengembangan Bahan Ajar Cetak (Modul)
  3. Tugas

BAB IV PENGEMBANGAN GAMIFIKASI

  1. Definisi Media Gamifikasi
  2. Jenis Gamifikasi
  3. Prinsip Gamifikasi
  4. Model Pengembangan
  5. Prosedur Pengembangan
  6. Tugas

BAB V PENGEMBANGAN PROGRAM PELATIHAN

  1. Komponen-komponen Pelatihan
  2. Model Pengembangan Pelatihan
  3. Tugas 

BAB VI PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA

  1. Model Pengembangan Instrumen Instrumen Kinerja dari Wirawan
  2. Model Pengembangan Instrumen Kinerja oleh Ridwan Abdullah Sani
  3. Tugas