Kelurahan Balimester, 16 November 2024 – Kelompok 16 dari Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan program seminar sosialisasi dengan judul “ Level Up Branding RW 2,4,6 Kelurahan Bali Mester : Strategi Praktis Dengan Media Sosial dan Google Site”. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Bali Mester, dihadiri oleh para Ketua RW 2,4, dan 6, pengurus RW, PKK, dan Karang Taruna yang mewakili setiap RW dengan jumlah target setiap RW yaitu 5 perwakilan per RW dan panitia yaitu mahasiswa/I Pendidikan Masyarakat Angkatan 2021 yang berjumlah 9 orang.
Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB, diawali dengan pembukaan MC oleh Keisha Ravelia, dilanjutkan dengan sambutan oleh penanggung jawab kegiatan yaitu Layli Aisyah . Selanjutnya penyampaian materi utama oleh pembicara yang telah disiapkan panitia yaitu Ka Jihan Aulia Muzakar yang merupakan alumni mahasiswi Pendidikan Masyarakat angkatan 2018.
Ka Jihan sebagai pembicara memaparkan materi terkait definisi, urgensi, manfaat, dan cara yang dilakukan RW untuk melakukan branding . Menjelaskan definisi sosial media, jenis-jenis sosial media yang kita ketahui dan dapat mudah diimplementasikan oleh setiap RW seperti Instagram, Tiktok, facebook, dan Website (Google Site). Ka Jihan juga merupakan anggota aktif karang taruna di RW tempat tinggalnya, sehingga dalam salah satu materi yang disampaikannya juga terkait contoh yang sudah diterapkan di RW nya dalam hal branding di media sosial. Peserta cukup aktif dalam sesi materi yang berlangsung. Setiap pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh pembicara terkait implementasi branding di RW nya masing-masing dijawab aktif oleh peserta seminar.
Setelah pemaparan materi oleh pembicara, selanjutnya praktik sederhana pembuatan akun e-mail, instagram, tiktok, dan facebook RW yang didampingi oleh para panitia. RW 2 didampingi oleh Intan, Mandys, dan Keisha. RW 4 oleh Layli, Jirman, dan Sari. RW 6 di dampingi oleh Selina, Fathiyah, dan Mandes. Pembuatan akun media sosial ini diharapkan sebagai langkah awal dalam proses branding RW yang jauh lebih masif kedepannya disesuaikan kembali dengan potensi-potensi yang dimiliki oleh setiap RW baik dari sumber daya manusia atau lingkungan RW nya.
Sebelum closing , panitia memberikan apresiasi kepada peserta yang berani menyampaikan pesan dan kesan selama proses materi berlangsung. Kesannya yaitu peserta lebih tahu dan paham mengenai branding dan cara-cara nya. Diharapkan ini menjadi langkah awal yang baik untuk RW 2,4,6 di Kelurahan Bali Mester untuk lebih membrandingkan RW nya di media sosial agar penyebaran informasi yang ingin disampaikan jauh lebih meluas dan efektif terhadap warganya.