Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Jakarta merupakan program studi yang berfokus terhadap penyelenggaraan pendidikan masyarakat. Keilmuan Program Studi Pendidikan Masyarakat dibutuhkan bagi para penyelenggara pendidikan, para pemegang kebijakan pendidikan, dan para praktisi pendidikan. Orientasi keilmuan Pendidikan Masyarakat pada penyelesaian masalah pembelajar sehingga pendidikan yang dirancang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pemelajar. Kemampuan identifikasi kebutuhan belajar masyarakat, perancangan pendidikan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi menjadi kompetensi utama para lulusan.

VISI KEILMUAN

“Pada tahun 2045 menjadi pelopor pengembangan praksis Pendidikan Masyarakat bereputasi di tingkat Asia bagi pemberdayaan sosial-ekonomi masyarakat cerdas berkelanjutan ”.

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik pada strata 1 dan pembelajaran masyarakat secara produktif – partisipatoris dengan menerapkan prinsip-prinsip Andragogi dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologidan inovasi.;
  2. Melaksanakan dan memanfaatkan hasil-hasil penelitian yang bereputasi di tingkat nasional/internasional dalam praksis Pendidikan Masyarakat bagi pembelajaran, pengembangan ilmu, dan peningkatan mutu Pendidikan Masyarakat;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan pada bidang Pendidikan Masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian dan pengembangan inovasi pembelajaran berbasis potensi dan kearifan lokal bagi pemberdayaan sosial-ekonomi masyarakat cerdas berkelanjutan;
TUJUAN PROGRAM STUDI
  1. Menghasilkan sarjana Pendidikan Masyarakat yang berkarakter sebagai pendidik, tenaga  kependidikan dan pelopor pemberdayaan masyarakat, dan mampu mengembangkan dirinya secara profesional.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya terapan inovatif bereputasi dalam bidang Pendidikan Masyarakat berbasis prinsip-prinsip Andragogi dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi serta potensi/kearifan lokal.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran masyarakat bagi pemberdayaan sosial-ekonomi masyarakat cerdas berkelanjutan.
KOMPETENSI PROGRAM STUDI
  1. Memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang substansial pada lingkup pemecahan masalah dalam pembelajaran dan pengembangan masyarakat agar berpeluang meningkat kapasitasnya dalam jalur karir yang beragam atau mengejar gelar yang lebih tinggi dalam bidang pendidikan masyarakat.
  2. Menjadi profesional dengan kompetensi belajar seumur hidup yang sesuai dan etika kerja yang sangat baik.
  3. Menunjukkan sikap profesional, integritas, dan tanggung jawab yang tinggi kepada masyarakat dan masyarakat global.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

KETERAMPILAN UMUM

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan PNF dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional dalam mengelola dan melakukan pembelajaran pendidikan nonformal dan pemberdayaan masyarakat;
  3. memberikan solusi alternatif dalam menyelesaikan masalah pembelajaran pendidikan nonformal dan pemberdayaan masyarakat.

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. menerapkan pendekatan andragogi dalam pembelajaran Dikmas dan pemberdayaan masyarakat.
  2. mengkaji masalah dan sumber belajar masyarakat dalam melaksanakan Pendidikan Nonformal dan pemberdayaan masyarakat.
  3. membuat desain program Dikmas dan pemberdayaan masyarakat
  4. memanfaatkan Ipteks untuk pengelolaan program Pendidikan Nonformal dan pemberdayaan masyarakat.
  5. menyelesaikan masalah heterogenitas dan keragaman dalam komunitas binaan dengan cara menganalisis perilaku, masalah dan konflik.

PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. konsep, prinsip, asas dan metode pendidikan nonformal secara umum;
  2. konsep teoritis pembelajaran sepanjang hayat secara mendalam;
  3. prinsip dan metode aplikasi pedagogi sosial, andragogi, dan sumber belajar masyarakat;
  4. konsep dan prinsip layanan pendidikan non formal dan orang dewasa;
  5. prinsip dan isu terkini dalam penerapan pengetahuan tentang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM);
  6. prinsip dan isu pengembangan masyarakat dan sosial budaya secara umum;
  7. konsep umum, prinsip dan teknik andragogi untuk pengembangan masyarakat; dan
  8. prinsip dan isu terkini pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.