Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Jakarta merupakan program studi yang berfokus terhadap penyelenggaraan pendidikan masyarakat. Keilmuan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah dibutuhkan bagi para penyelenggara pendidikan, para pemegang kebijakan pendidikan, dan para praktisi pendidikan. Orientasi keilmuan Pendidikan Luar Sekolah pada penyelesaian masalah pembelajar sehingga pendidikan yang dirancang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pemelajar. Kemampuan identifikasi kebutuhan belajar masyarakat, perancangan pendidikan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi menjadi kompetensi utama para lulusan.

VISI KEILMUAN

“Pada tahun 2045 menjadi pelopor pengembangan praksis Pendidikan Luar Sekolah bereputasi di tingkat Asia bagi pemberdayaan sosial-ekonomi masyarakat cerdas berkelanjutan ”.

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan di bidang Pendidikan Luar Sekolah;
  2. Melaksanakan penelitian dan kajian untuk mengembangkan keilmuan Pendidikan Luar Sekolah;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka diseminasi dan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Pendidikan Luar Sekolah;
  4. Menjalin kemitraan dengan stakeholders dan berbagai lembaga/elemen baik pada tingkat lokal, nasional, maupun ASEAN;
  5. Memberikan layanan konsultasi, informasi, dan edukasi kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Luar Sekolah.
TUJUAN PROGRAM STUDI
  1. Membangun dan mengembangkan kaji aksi PLS beserta system akademik yang produktif & berkualitas.
  2. Meningkatkan kapasitas SDM jurusan PLS dan solidaritas yang kohesif dalam aktivitas Tri-dharma PT.
  3. Meningkatkan kualitas kelembagaan jurusan PLS yang berbasis pembelajaran yang berkelanjutan.
  4. Meningkatkan kapasitas mahasiswa jurusan PLS sebagai generasi pendidik PLS yang berkualitas.
  5. Menata dan memberdayakan aset Jurusan PLS dalam menunjang layanan yang berkualitas.
KOMPETENSI PROGRAM STUDI
  1. Memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang substansial pada lingkup pemecahan masalah dalam pembelajaran dan pengembangan masyarakat agar berpeluang meningkat kapasitasnya dalam jalur karir yang beragam atau mengejar gelar yang lebih tinggi dalam bidang pendidikan masyarakat.
  2. Menjadi profesional dengan kompetensi belajar seumur hidup yang sesuai dan etika kerja yang sangat baik.
  3. Menunjukkan sikap profesional, integritas, dan tanggung jawab yang tinggi kepada masyarakat dan masyarakat global.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

KETERAMPILAN UMUM

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan PNF dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional dalam mengelola dan melakukan pembelajaran pendidikan nonformal dan pemberdayaan masyarakat;
  3. memberikan solusi alternatif dalam menyelesaikan masalah pembelajaran pendidikan nonformal dan pemberdayaan masyarakat.

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. menerapkan pendekatan andragogi dalam pembelajaran Dikmas dan pemberdayaan masyarakat.
  2. mengkaji masalah dan sumber belajar masyarakat dalam melaksanakan Pendidikan Nonformal dan pemberdayaan masyarakat.
  3. membuat desain program Dikmas dan pemberdayaan masyarakat
  4. memanfaatkan Ipteks untuk pengelolaan program Pendidikan Nonformal dan pemberdayaan masyarakat.
  5. menyelesaikan masalah heterogenitas dan keragaman dalam komunitas binaan dengan cara menganalisis perilaku, masalah dan konflik.

PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. konsep, prinsip, asas dan metode pendidikan nonformal secara umum;
  2. konsep teoritis pembelajaran sepanjang hayat secara mendalam;
  3. prinsip dan metode aplikasi pedagogi sosial, andragogi, dan sumber belajar masyarakat;
  4. konsep dan prinsip layanan pendidikan non formal dan orang dewasa;
  5. prinsip dan isu terkini dalam penerapan pengetahuan tentang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM);
  6. prinsip dan isu pengembangan masyarakat dan sosial budaya secara umum;
  7. konsep umum, prinsip dan teknik andragogi untuk pengembangan masyarakat; dan
  8. prinsip dan isu terkini pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.