Profil

Pembangunan Nasional Indonesia periode 2014-2019 mengusung satu tema besar tentang perlunya basis pembangunan pada revolusi mental. Revolusi mental sesungguhnya ditujukan pada pembangunan sumber daya manusia pada berbagai sektor kehidupan bangsa Indonesia. Salah satu sektor pembangunan yang menjadi andalan dalam pembangunan sumber daya manusia adalah sektor pendidikan. Dalam periode pembangunan nasional selama 10 tahun (2004-2014) telah memberikan pijakan dan prioritas pembangunan pada sektor pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi emas 2045 (the Golden Generation 2045). Upaya strategik ini merupakan salah satu bentuk perwujudan pemanfaatan bonus demografi bangsa Indonesia yang diindikasikan munculnya periode dominasi angkatan muda dalam struktur masyarakat Indonesia. Pencanangan upaya strategik tersebut perlu menyusun dan mengembangan strategi pembangunan nasional sektor pendidikan yang dimulai pada periode keemasan (the golden ages) anak usia dini (0-8 Tahun).  Sub sektor pendidikan anak usia dini telah menjadi skala prioritas dan unggulan selama periode pembangunan bidang pendidikan pada periode 2004-2014.

Upaya strategik tersebut telah diwujudkan dalam periode pembangunan sektor pendidikan dengan lahirnya direktorat jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal (Dirjen PAUD-NI). Selain itu, dalam periode yang sama telah bermunculan program studi strata 1 (sarjana) PAUD pada 114 lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) sebagai bagian dari sub sektor pendidikan tinggi yang membantu menghasilkan tenaga pendidik profesional pada berbagai jenis kelembagaan PAUD.

Dengan semakin berkembangnya lembaga, program dan kebijakan PAUD dibutuhkan para pemikir, ahli dan konsultan untuk membantu mengembangkan layanan PAUD yang bermutu dan terjangkau. Para ahli PAUD ini dibutuhkan untuk menemukembangkan berbagai pengetahuan ilmiah serta praksis PAUD yang baik (the best practice) melalui berbagai riset ilmiah. Para ahli dan konsultan PAUD tersebut perlu dibangun melalui program doktoral PAUD di tingkat perguruan tinggi. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, program studi PAUD Pasca Sarjana UNJ berupaya membangun struktur kurikulum program Doktor PAUD. Struktur kurikulum ini disusun dengan menggunakan analisis kompetensi sebagaimana dipersyaratkan dalam Permendikbud nomor 73 tahun 2014 tentang standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini  adalah program studi yang melakukan kajian  di bidang pendidikan anak usia dini dan  menghasilkan lulusan magister yang memiliki keahlian sebagai dosen S1 PAUD/PGPAUD, peneliti, konsultan lembaga PAUD dan Manager PAUD.