Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd
Program Studi PGPAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Email: r.smartini@unj.ac.id
Education |
1979 -1983 S1 – Pendidikan Anak Pra Sekolah dan Dasar IKIP Jakarta |
1996 – 1998 S2 – Pengembangan Kurikulum IKIP Bandung |
2009 – 2014 S3 – Pengembangan Kurikulum UPI Bandung |
Research Interest |
Pengembangan kurikulum AUD; Pembelajaran Sains dan Matematik AUD; Assesment AUD; Perencanaan Pembelajaran AUD; Filsafat Pendidikan |
Course Taught |
TOT Asesor BAN PAUD dan PNFI, Jakarta, Maret 2017 (tingkat nasional) ; Evaluator Video Coder Berbasis Measurement of Early Learning Environments (MELE), Yogyakarta, Februari 2017, Program Pilot PAUD Generasi Cerdas Desa (GCD) pendanaan World Bank ; Semlok “Teaching Professional Practice” Jakarta, Januari 2017; Semdis “Evaluasi Pembelajaran di PT: Teknik Penyusunan dan Analisis butir Soal”, LPP Univ. Negeri Jakarta, Maret 2015 ; Semdis “Pembelajaran Aktif di PT: Active Learning in Higher Education (ALIHE)”, LPP Univ. Negeri Jakarta, April 2015. |
Publication |
Pengantar Ilmu Pendidikan (Buku), Universitas. Negeri Jakarta, 2007 |
Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam meningkatkan Mutu pendidikan (artikel-Jurnal FIP Perspektif), 2009 |
Kepemimpinan Transformasional kepala Sekolah dalam rangka meningkatkan kepuasan Kerja pegawai (artikel – Jurnal FIP Perspektif), 2010 |
Studi Komparasi Kurikulum 10 Negara (hasil penelitian), Pusat Kurikulum Kemendiknas, 2012 |
Guru PAUD yang Ideal dan Profesional, 2013 |
Guru PAUD, Musik dan Tari, 2014 |
Ekplorasi, Discovery dan Inquiry pola pembelajaran sains untuk AnakUsia Dini, 2015 |
Model-Model Kurikulum – Pemahaman secara komprehensif (Buku), Rajawali Grafindo, Jakarta, 2015 |
Landasan Pendidikan – Suatu Pengantar teoritis filosofis (Buku), Yudhistira, 2016 |
Early Childhood Educators and Teachers in Indonesia (A Survey of the conditions of teachers earlychildhood in 5 majoir cities of Indonesia) – Journal IJECES Vol. 5 Number 1, June 2016 |
Pengembangan Model Pembentukan Karakter Mandiri, Disiplin dan Kejujuran pada anak usai 4-5 tahun, 2017 (Proceeding Asosiasi PIAUD Nusantara) |
Pengembangan Model Pembentukan Karakter Mandiri, Disiplin dan Kejujuran dengan pendekatan substantive instruksi langsung pada anak usai 4-5 tahun, 2017 (artikel Jurnal JPUD UNJ) |
Pengembangan Model Pembelajaran sains berbasis kegiatan dengan pendekatan inquiry, 2019 (Artikel, jurnal JPUD UNJ) |
Awards |
Penghargaan 30 tahun masa kerja tahun 2015 |
Grants |
Penerapan Komik Belajar Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Anak Jalanan Di Rumah Singgah, 2010 (Dana BLU FIP) |
Kurikulum dan Pembelajaran dalam Mengembangkan Pemahaman Konsep Matematis di SD, 2012 (Dana BLU FIP) |
Pemahaman Guru tentang Kurikulum dan Pembelajaran dalam Mengembangkan Konsep Matematis di SD, 2014 (Dana BLU FIP) |
Pengaruh kegiatan Menggambar terhadap Kemampuan Menulis anak usia 4-5 tahun di TK. Tarakanita, Jakarta Timur, 2015 (Dana BLU FIP) |
Pengembangan model Pembentukan Karakter Mandiri dan Disiplin pada Anak Usia 5-6 tahun di Wilayah Tambun Bekasi, 2016 (Dana BLU FIP) |
Permasalahan Guru TK di 5 kota besar Indonesia, 2016 (Dana Mandiri) |
Pengembangan Model Pembentukan Karakter Mandiri, Disiplin dan Kejujuran dengan pembelajaran substantive instruksi langsung di JABOTABEK, 2017 dan 2018 (Dana Hibah Kemenristek) |
Pengembangan Model Pembelajaran Sains berbasis Kegiatan dengan pendekatan Inquiry Learning untuk Anak Usia 5-6 tahun, tahun 2018 (Dana BLU FIP) |
Pengembangan Model Pembelajaran Sains Berbasis Konsep dengan pendekatan Exploration, Discovery dan Inquiry Learning untuk Anak Usia 5-6 tahun, tahun 2019 dan 2020 (Dana Hibab Kemenristek) |