No |
Kelompok Mata Kuliah |
Bobot |
|
SKS |
ECTS |
||
1 |
Mata Kuliah Universitas |
14 |
36,4 |
2 |
Mata kuliah Dasar Kependidikan |
7 |
18,2 |
3 |
Mata Kuliah Ciri Fakutas |
|
|
4 |
Mata Kuliah Program Studi |
127 |
330,2 |
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
Bobot |
||
SKS |
ECTS |
||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
|
|
Mata Kuliah Universitas |
|
||||
1. |
0005-203-3 |
Pendidikan Agama |
3 |
7,8 |
|
2. |
0005-112-2 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
5,2 |
|
3. |
0005-106-3 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
5,2 |
|
4. |
0005-113-2 |
Bahasa Inggris |
2 |
5,2 |
|
5. |
0005-114-2 |
Bahasa Indonesia |
2 |
5,2 |
|
6. |
0005-107-2 |
Ilmu Alamiah Dasar |
2 |
5,2 |
|
JUMLAH |
13 |
33,8 |
|||
Mata Kuliah Dasar Kependidikan |
|
||||
1. |
0005-215-2 |
Perkembangan Peserta didik |
2 |
5,2 |
|
2. |
0005-214-2 |
Teori Belajar dan Pembelajaran |
4 |
10,4 |
|
3. |
0005-324-3 |
Landasan Pendidikan |
3 |
7,8 |
|
4. |
0005-231-2 |
Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan |
2 |
5,2 |
|
JUMLAH |
11 |
28,6 |
|||
Mata Kuliah Ciri/Pilihan Fakultas |
|
||||
1. |
Pendidikan Khusus |
Orientasi Baru Dalam Pendidikan Khusus |
2 |
5,2 |
|
2. |
Teknologi Pendidikan |
Pengembangan Media Presentasi |
3 |
7,8 |
|
3. |
Pendidikan Khusus |
Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus |
2 |
5,2 |
|
4. |
Bimbingan Konseling |
Konseling Anak |
2 |
5,2 |
|
5. |
Teknologi Pendidikan |
Komputer Grafis dan Animasi |
3 |
7,8 |
|
6. |
Pendidikan Masyarakat |
Manajemen Kursus dan Pelatihan |
3 |
7,8 |
|
7. |
PGSD |
Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar |
|
|
|
8. |
Manajemen Pendidikan |
Monitoring dan Evaluasi Program |
3 |
7,8 |
|
9. |
|
Filsafat Pendidikan |
2 |
5,2 |
|
Mata Kuliah Program Studi |
|
||||
1. |
1155-716-2 |
Pengembangan Karir Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
5,2 |
|
2. |
1155-218-4 |
Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini |
4 |
10,4 |
|
3. |
1155-219-2 |
Neurosains |
2 |
5,2 |
|
4. |
1155-220-2 |
Penulisan Ilmiah |
2 |
5,2 |
|
5. |
1155-221-2 |
Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran |
2 |
5,2 |
|
6. |
1615-001-4 |
Pendidikan Anak Dalam Keluarga |
4 |
10,4 |
|
7. |
1615-002-2 |
Kesehatan dan Gizi |
2 |
5,2 |
|
8. |
1615-003-4 |
Perkembangan Masa Pranatal dan Bayi |
4 |
10,4 |
|
9. |
1615-004-3 |
Perkembangan Masa Awal Anak (2-6 tahun) |
3 |
7,8 |
|
10. |
1615-005-3 |
Perkembangan Masa Akhir Anak (6-8 tahun) |
3 |
7,8 |
|
11. |
1155-719-4 |
Bermain |
4 |
10,4 |
|
12. |
1155-207-4 |
Asesmen Anak Usia Dini |
4 |
10,4 |
|
13. |
1155-720-4 |
Media dan Sumber Belajar Anak Usia Dini |
4 |
10,4 |
|
14. |
1615-008-2 |
Konsep Dasar Sains Anak Usia Dini |
2 |
5,2 |
|
15. |
1615-006-4 |
Konsep Dasar Kurikulum |
4 |
10,4 |
|
16. |
1615-007-4 |
Kurikulum Satuan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini |
4 |
10,4 |
|
17. |
1615-009-2 |
Konsep Dasar Moral Agama Anak Usia Dini |
2 |
5,2 |
|
18. |
1615-011-2 |
Konsep Dasar Bahasa dan Literasi Anak Usia Dini |
2 |
5,2 |
|
19. |
1615-016-3 |
Seni dan Kerajinan Tangan Anak Usia Dini |
3 |
7,8 |
|
20. |
1615-010-2 |
Konsep Dasar Studi Sosial Anak Usia Dini |
2 |
5,2 |
|
21. |
1615-012-4 |
Pembelajaran Sains Anak Usia Dini |
4 |
10,4 |
|
22. |
1155-207-4 |
Pengembangan Moral Agama AUD |
2 |
5,2 |
|
23. |
1615-013-2 |
Konsep Dasar Matematika Anak Usia Dini |
2 |
5,2 |
|
24. |
1615-018-4 |
Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini |
4 |
10,4 |
|
25. |
1615-019-4 |
Pengembangan Bahasa dan Literasi Anak Usia Dini |
4 |
10,4 |
|
26. |
1615-017-3 |
Musik dan Gerak Anak Usia Dini |
3 |
7,8 |
|
27. |
1615-020-2 |
Teori Seni Anak Usia Dini |
2 |
5,2 |
|
28. |
1615-021-4 |
Pembelajaran Seni |
4 |
10,4 |
|
29. |
1615-023-4 |
Pengembangan Studi Sosial Anak Usia Dini |
4 |
10,4 |
|
30. |
1615-027-4 |
Teknologi Informasi Komunikasi |
4 |
10,4 |
|
31. |
1155-741-3 |
Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini |
4 |
10,4 |
|
32. |
1615-014-3 |
Konsep Manajemen Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini |
4 |
10,4 |
|
33. |
1615-024-2 |
Pengelolaan Kelompok Bermain |
2 |
5,2 |
|
34. |
1615-025-2 |
Pengelolaan Taman Kanak-kanak |
2 |
5,2 |
|
35. |
1615-026-2 |
Pengelolaan Tempat Penitipan Anak |
2 |
5,2 |
|
36. |
1615-029-2 |
Keterampilan Mengajar |
2 |
5,2 |
|
37. |
1615-022-4 |
Statistik dan Metodologi Penelitian Kuantitatif Anak Usia Dini |
4 |
10,4 |
|
38. |
1615-031-2 |
Metodologi Penelitian Kualitatif Anak Usia Dini |
2 |
5,2 |
|
39. |
1155-706-2 |
Kapita Selekta Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
5,2 |
|
40. |
1005-405-2 |
Seminar Proposal |
2 |
5,2 |
|
41. |
1615-032-4 |
Pengalaman Profesi |
4 |
10,4 |
|
42. |
1005-210-2 |
PLP/PKM (Praktik Keterampilan Mengajar) |
4 |
10,4 |
|
43. |
1005-402-4 |
Skripsi |
4 |
10,4 |
|
Jumlah |
127 |
330,2 |
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
Bobot |
|
SKS |
ECTS |
|||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
|
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
|
|||
1. |
1615-033-2 |
Keterampilan Bercerita |
2 |
5,2 |
2. |
1615-034-2 |
Pengembangan Program Diklat |
2 |
5,2 |
3. |
1615-035-2 |
Keterampilan Bermusik |
2 |
5,2 |
SEBARAN MATA KULIAH PER SEMESTER
SEMESTER 1 |
|||||||||||
No |
Kode MK |
Mata Kuliah (MK) |
Bobot sks |
ECTS
|
|||||||
Teori |
Praktikum |
Praktik |
Jumlah |
||||||||
1 |
0005-115-3 |
Pendidikan Agama |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
||||
2 |
0005-210-2 |
Perkembangan Peserta Didik |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
||||
3 |
0005-213-4 |
Landasan Pendidikan |
3 |
|
|
3 |
7,8 |
||||
4 |
1155-716-2 |
Pengembangan Karir Pendidikan Anak Usia Dini |
1 |
1 |
|
2 |
5,2 |
||||
5 |
1155-218-4 |
Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini |
4 |
|
|
4 |
|||||
6 |
1155-219-2 |
Neurosains |
1 |
1 |
|
2 |
5,2 |
||||
7 |
1155-220-2 |
Penulisan Ilmiah |
1 |
1 |
|
2 |
5,2 |
||||
8 |
1155-221-2 |
Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran |
1 |
1 |
|
2 |
5,2 |
||||
Jumlah Beban Studi |
19 |
49,4 |
SEMESTER 2 |
||||||||
No |
Kode MK |
Mata Kuliah (MK) |
Bobot sks |
ECTS |
||||
Teori |
Praktikum |
Praktik |
Jumlah |
|||||
1 |
0005-112-2
|
Pendidikan Pancasila |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
|
2 |
0005-106-3 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
|
3 |
1615-001-4
|
Pendidikan Anak dalam Keluarga |
2 |
1 |
1 |
4 |
10,4 |
|
5 |
1615-002-2 |
Kesehatan dan Gizi |
1 |
1 |
|
2 |
5,2 |
|
6 |
1615-003-4 |
Perkembangan Masa Pranatal dan Bayi |
2 |
2 |
|
4 |
10,4 |
|
7 |
1615-004-3 |
Perkembangan Masa Awal Anak (2-6 tahun) |
2 |
1 |
|
3 |
7,8 |
|
8 |
1615-005-3 |
Perkembangan Masa Akhir Anak (6-8 tahun) |
2 |
1 |
|
3 |
7,8 |
|
9 |
1155-719-4 |
Bermain |
2 |
2 |
|
4 |
10,4 |
|
Jumlah Beban Studi |
24 |
62,4 |
SEMESTER 3 |
||||||||
No |
Kode MK |
Mata Kuliah (MK) |
Bobot sks |
ECTS |
||||
Teori |
Praktikum |
Praktik |
Jumlah |
|||||
1 |
0005-1-132 |
Bahasa Inggris |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
|
2 |
1155-720-4 |
Media dan Sumber Belajar Anak Usia Dini |
2 |
2 |
|
4 |
10,4 |
|
3 |
1155-207-4 |
Asesmen Anak Usia Dini |
2 |
|
2 |
4 |
10,4 |
|
4 |
1615-006-4 |
Konsep Dasar Kurikulum |
4 |
|
|
4 |
10,4 |
|
5 |
1615-008-2 |
Konsep Dasar Sains Anak Usia Dini |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
|
6 |
1615-009-2 |
Konsep Dasar Moral Agama Anak Usia Dini |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
|
7 |
1615-011-2 |
Kurikulum Satuan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini |
4 |
|
|
4 |
|
|
Jumlah Beban Studi |
22 |
57,2 |
SEMESTER 4 |
|||||||
No |
Kode MK |
Mata Kuliah (MK) |
Bobot sks |
ECTS |
|||
Teori |
Praktikum |
Praktik |
Jumlah |
||||
1 |
0005-214-2 |
Teori Belajar dan Pembelajaran |
3 |
|
|
3 |
7,8 |
|
0005-231-2 |
Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
|
1615-010-2 |
Konsep Dasar Studi Sosial Anak Usia Dini |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
2 |
1615-011-2 |
Konsep Dasar Bahasa dan Literasi Anak Usia Dini |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
3 |
1615-013-2 |
Konsep Dasar Matematika Anak Usia Dini |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
4 |
1615-014-3 |
Konsep Manajemen Penyelenggaraan PAUD |
3 |
|
|
3 |
7,8 |
|
1615-017-3 |
Musik dan Gerak Anak Usia Dini |
1 |
2 |
|
3 |
7,8 |
5 |
1615-012-4 |
Pembelajaran Sains Anak Usia Dini |
1 |
3 |
|
4 |
10,4 |
|
|
Jumlah Beban Studi |
21 |
54,6 |
SEMESTER 5 |
||||||||||
No |
Kode MK |
Mata Kuliah (MK) |
Bobot sks |
ECTS |
|
|||||
Teori |
Praktikum |
Praktik |
Jumlah |
|
||||||
1 |
0005-114-2 |
Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
|
||
2 |
1615-018-4 |
Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini |
2 |
2 |
|
4 |
10,4 |
|
||
3 |
1615-019-4 |
Pengembangan Bahasa dan Literasi Anak Usia Dini |
1 |
2 |
|
3 |
7,8 |
|
||
4 |
1615-020-2 |
Teori Seni Anak Usia Dini
|
2 |
|
|
2 |
5,2 |
|
||
5 |
1615-012-4 |
Pembelajaran Seni Anak Usia Dini
|
2 |
2 |
|
4 |
10,4 |
|
||
6 |
1615-022-4 |
Statistik dan Metodologi Penelitian Kuantitatif Anak Usia Dini
|
4 |
|
|
4 |
10,4 |
|
||
7 |
1615-023-4 |
Pengembangan Studi Sosial Seni Anak Usia Dini
|
2 |
2 |
|
4 |
10,4 |
|
||
Jumlah Beban Studi |
23 |
59,8 |
||||||||
SEMESTER 6 |
||||||||
No |
Kode MK |
Mata Kuliah (MK) |
Bobot sks |
ECTS |
|
|||
Teori |
Praktikum |
Praktik |
Jumlah |
|
||||
1 |
|
Seni dan Kerajinan Tangan Anak Usia Dini |
1 |
2 |
|
3 |
7,8 |
|
2 |
1615-024-2 |
Pengelolaan Kelompok Bermain |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
|
3 |
1615-025-2 |
Pengelolaan Taman Kanak-kanak |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
|
4 |
1615-026-2 |
Pengelolaan Tempat Penitipan Anak |
2 |
|
|
2 |
5,2 |
|
5 |
|
Teknologi Informasi Komunikasi |
2 |
2 |
|
4 |
10,4 |
|
6 |
|
Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini |
2 |
2 |
|
4 |
10,4 |
|
7 |
|
Keterampilan mengajar |
1 |
1 |
|
2 |
5,2 |
|
|
|
Jumlah Beban Studi |
19 |
49,4 |
|
SEMESTER 7 |
|||||||
No |
Kode MK |
Mata Kuliah (MK) |
Bobot sks |
ECTS |
|||
Teori |
Praktikum |
Praktik |
Jumlah |
||||
1 |
1005-405-2 |
Seminar Proposal |
|
|
2 |
2 |
5,2 |
2 |
1615-032-4 |
Pengalaman Profesi |
|
|
4 |
4 |
10,4 |
3 |
1005-210-2 |
PKM (Praktik Keterampilan Mengajar) |
|
|
2 |
2 |
10,4 |
5 |
1005-402-4 |
Skripsi |
|
|
4 |
4 |
10,4 |
|
|
Jumlah Beban Studi |
|
12 |
31,2 |
T = Teori
Pr = Praktikum
P = Praktek