VISI

Menjadi pusat unggulan (center of excellence of ECE) pendidikan anak usia dini di Indonesia dan tingkat Asia yang mengembangkan inovasi pembelajaran sesuai dengan karakteristik anak usia dini berlandaskan keterampilan belajar, literasi, dan keterampilan hidup.

MISI

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini yang professional.
  2. Menjalin kemitraan dengan stakeholder.
  3. Melaksanakan penelitian mengenai Pendidikan Anak Usia Dini.
  4. Melaksanakan pengabdian di masyarakat dalam upaya mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini.
  5. Menyediakan informasi yang dapat menjadi rujukan bagi pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini.

TUJUAN

  1. Menghasilkan Sarjana yang memiliki kompetensi sebagai guru PAUD, tenaga kependidikan untuk lembaga PAUD, pengembang produk PAUD
  2. Menghasilkan penelitian yang akuntabel dalam bidang pendidikan anak usia dini,
  3. Menghasilkan program dan produk pengabdian masyarakat yang kontekstual dalam bidang pendidikan anak usia dini,
  4. Membangun jejaring kemitraan untuk mengembangkan pendidikan anak usia dini.

PROFIL LULUSAN

  1. Pendidik

Guru yang dimaksud adalah pendidik di lembaga PAUD yang mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran serta melakukan pembimbingan, pelatihan, pengasuhan, perlindungan, pelayanan kesehatan dan gizi bagi anak usia dini melalui kegiatan bermain dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi pada lembaga Pendidikan anak usia dini dalam berbagai satuan dengan berbagai kondisi dalam bentuk program pembelajaran PAUD.

  1. Tenaga kependidikan

Tenaga kependidikan yang dimaksud adalah administrator yang bertugas melaksanakan administrasi pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses Pendidikan pada lembaga PAUD atau yang berkaitan dengan bidang PAUD.

3. Pengembang Produk PAUD

Pengembang produk PAUD yang dimaksud adalah mampu merencanakan, hingga membuat purwarupa (prototype) dan melakukan evaluasi produk yang medukung stimulasi perkembangan dan belajar anak.