Tahun 2024

No Tahun Akademik Judul Penelitian Nama Ketua Tim Kepakaran Ketua Tim Nama dan Identitas Dosen Anggota Penelitian Nama dan Identitas Mahasiswa yang dilibatkan
1 2024 Program Intervensi Dini Bersumber Daya Keluarga Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Komunikasi Anak Dengan Disabilitas Majemuk Citra Ashri Maulidina, M.Pd.      
2 2024 Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Pemahaman Bagi Peserta Didik Kesulitan Belajar Berbasis Strategi Metakognitif Leliana Lianty, S.Pd.,M.Pd      
3 2024 Evaluasi Program Praktik Keterampilan Mengajar (Pkm) Mahasiswa Pendidikan Khusus Di Sekolah Dr. Indra Jaya, S.Pd., M.Pd.      
4 2024 Strategi Penguatan Calon Guru
Dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Project Based Learning Untuk Siswa Hambatan Pendengaran
Rohmah Ageng Mursita, M.Pd.      
5 2024 Model Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek Untuk Siswa Dengan Hambatan Intelektual Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc.      
6 2024 Identifikasi Siswa Dengan Disabilitas Majemuk Di Sekolah Luar Biasa Wilayah Kota Bekasi Mohammad Arif Taboer, M.Pd.      
7 2024 Layanan Bimbingan & Konseling
Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Wilayah Dki Jakarta.
Marja,M.Pd      
8 2024 Penerapan Panduan Permainan Terpimpin Untuk Akses Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif Suprihatin, S.Pd., M.Ed., Ph.D.      
9 2024 Pengembangan Metode Intervensi Membaca Permulaan
Bagi Siswa Dengan Hambatan Intelektual Ringan
Drs. Bahrudin, M.Pd      
10 2024 Aplikasi E-Asesmen Hybrid-Protocol Berbasis Web (Versi 1.0) dan Android (Versi 2.0) Pada Respon Intervensi Akademik dan Perilaku untuk Identifikasi Anak Disleksia dan ADHD  Riana Bagaskorowati, S.Pd., M.Si., Ph.D.      
11 2024 Pengembangan Model Penanganan Kesulitan Membaca Pada Siswa Disleksia Berbasis Orang Tua (Parent As Teacher) Prof. Dr. Asep Supena, M.Psi.      
12 2024 Pengembangan Media Kartu Bergambar Untuk Pembelajaran Matematika Kelas 1-2 Di Laboratorium Pendidikan Khusus FIP UNJ Dr. Indina Tarjiah, M.Pd.      
13 2024 Pengembangan Kompetensi Tenaga Kependidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Berbasis Kinerja Untuk Penyiapan Internasionalisasi SDM FIP Yang Unggul Dr. Murni Winarsih, S.Pd., M.Pd.      
14 2024 Pengembangan Sistem Augmentative And Alternative Communication (AAC) Dalam Layanan Pembelajaran Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Di Perguruan Tinggi Berbasis Universal Design For Learning (ULD) Dr. Lalan Erlani, M.Ed.      
15 2024 Pengembangan Aplikasi “Yuk Memahami Emosi ” Untuk Siswa Dengan Autisme Hartini Nara, S.Pd., M.Si.      
Jumlah Judul Penelitian Pada Tahun 2024 : 15

 

Tahun 2023

No Tahun Akademik Judul Penelitian Nama Ketua Tim Kepakaran Ketua Tim Nama dan Identitas Dosen Anggota Penelitian Nama dan Identitas Mahasiswa yang dilibatkan
1 2023 Pengembangan Aplikasi Performance Mahasiswa dalam Mata Kuliah Pembelajaran untuk Anak Hambatan Pendengaran Berbasis Metode Maternal Reflektif (MMR) Dr. Murni Winarsih, S.Pd., M.Pd.      
2 2023 Model Asesmen Hybrid-Protocol Pada espon Intervensi Akademik dan Perilaku Untuk Identifikasi Disleksia  Riana BagaskorowatiS.Pd., M.Si., Ph.D.      
3 2023 Layanan Bimbingan & Konseling Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SLB dan Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Wilayah DKI Jakarta Marja, M.Pd.      
4 2023 Pengembangan Instrumen Asesmen Matematika Dasar Bagi Anak dengan Kesulitan Belajar Matematika  Dr. Indina Tarjiah, M. Pd.      
5 2023 Pengembangan Sistem AAC (Augmentative and
Alternative Communication) dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Anak Autis 
Dr. Lalan Erlani, M.Ed.      
6 2023 Permainan Terpimpin untuk Akses Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif: Pengembangan Panduan Permainan Terpimpin  Suprihatin, S.Pd., M.Ed., Ph.D.      
7 2023 Model Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Learning Cycle untuk Siswa dengan Hambatan Intelektual Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc.      
8 2023 Kesadaran Fonologi Pada Siswa dengan Tungrahita di SLB N 7 Jakarta Dr. Indra Jaya, S.Pd., M.Pd.      
9 2023 Penggunaan Portable LCD Write Pad. dalam Pembelajaran Kesehatan dan Reproduksi untuk Peserta Didik Hambatan Intelektual Dr. Ishak Gerard Bachtiar, S.Si. M.Pd.      
10 2023 Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example dalam Pembelajaran Menulis Ekspresi Peserta Didik Problema Belajar di DKI Jakarta Leliana Lianty, S.Pd.,M.Pd      
11 2023 Pengembangan Model Pembelajaran Joyfull Learning “Aku dan Kamu” untuk Anak dengan Hambatan Emosi dan Gangguan Perilaku di Yayasan Peradaban Cendikia Unggul, Rusunawa Jatinegara Kaum, Jakarta Timur Leliana Lianty, S.Pd.,M.Pd      
Jumlah Judul Penelitian Pada Tahun 2023 : 11

 

Tahun 2022

No Tahun Akademik Judul Penelitian Nama Ketua Tim Kepakaran Ketua Tim Nama dan Identitas Dosen Anggota Penelitian Nama dan Identitas Mahasiswa yang dilibatkan
1 2022 Model Pembelajaran Daring Mata Kuliah Pendidikan Anak Berbakat Untuk Mahasiswa Tunarungu (Hambatan Pendengaran)  Dr. Indina Tarjiah, M.Pd (0028096404)  Pendidikan Khusus  Dr. Asep Supena, M.Psi (0007096505) Najma Azzahra (110262070)
2 2022 Penerapan Teori Gestalt dalam Mengatasi Kesulitan Menulis Karangan Pada Siswa Sekolah Dasar  Dr. Wuryani, M.Pd (0012105711) Pendidikan Khusus  Dr. Irah Kasirah, M.Pd (0004016609) Vita Amalia Rosa Sumantri (11026064)
3 2022 Profile Mahasiswa dengan Autisme Spectrum Disorder Program Studi Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta  Dra. Siti nuraini p., Dipl  Ed. Stud MSp.Ed. (0016096108) Pendidikan Khusus    Erfan Kurniawan 
4 2022 Model Pembelajaran Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Dasar Reguler di DKI Jakarta Drs. Bahrudin, M.Pd (0016086504)  Pendidikan Khusus  Dr. Indra Jaya, M.Pd (0022087802) Alfla Amira Affandi (1102619084)
5 2022 Model Inovatif Pembelajaran Integrasi Lingkungan dalam  Pembelajaran Pengembangan Diri Tunagrahita  Dr. Irah Kasirah, M.Pd (0004016609)  Pendidikan Khusus    Nouris Shanabila Nadine (1102619076)
6 2022 Model Penilaian Hasil Belajar Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di DKI Jakarta  Dr. Indra Jaya, M.Pd (0022087802)  Pendidikan Khusus    Cahyo Damar Laksito (1102619102)
7 2022 Pengajaran Membaca Permulaan di Kelas I SD (Studi Pengajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar)  Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd (0030127404) Pendidikan Khusus  Dr. Lalan Erlain, M.Ed (0004047008)  Muhammad Hanif Mushabbir (1102618054)
8 2022 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Dengan Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar  Budi Santoso, M.Pd (0006058206)  Pendidikan Khusus    Nada Ramadhan Jatutama (1102619069)
9 2022 Eksplorasi TPACK pada Calon Guru Pendidikan Khusus yang Telah Mengikuti PKM  Suprihatin, M.Ed., Ed.D (0011057602) Pendidikan Khusus  Leliana Lianty, M.Pd (0003108103) Fuadah Hafizhah (1102619079)
10 2022 Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Media dan Informasi Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Khusus Universitas Negeri Jakarta Dr. Murni Winarsih, M.Pd (0023117302) Pendidikan Khusus  Riana Bagaskorowati, Ph.D. (0014077107)  Muhammad Najmil Yusro (1102619023)
11 2022 Pengembangan Model Pembelajaran literasi Media dan Informasi Untuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Khusus UNJ Riana Bagaskorowati, Ph.D. (0014077107)  Pendidikan Khusus  Dr. Murni Winarsih, M.Pd (0023117302) Faizatunnisa (1102619050)
12 2022 Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi  Marja, M.Pd (0016097004)  Pendidikan Khusus    Febby Yolanda (1102619010)
13 2022 Pengembangan  Sistem Augmentative and Alternative Communication (AAC) Pada Notasi Pembelajaran Musik Anak Autis  Dr. Lalan Erlani, M.Ed (0004047008)  Pendidikan Khusus  Dr. Ishak Gerald Bachtiar, S.Si, M.Pd (026116709) 

Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd (0030127404) 

Muhammad Najmil Yusro (1102619023)
14 2022 Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Pendidikan Khusus Pada Mata Kuliah Praktik Keterampilan Mengajar  Leliana Lianty, M.Pd (0003108103)  Pendidikan Khusus  Suprihatin, M.Ed., Ed.D (0011057602) Nisrina Malihah (1102619007)
15 2022 Pengembangan Media Visual Dalam Pembelajaran komunikasi Untuk Anak Deaf-Blind Low Vision Dr. Ishak Gerald Bachtiar, S.Si, M.Pd (026116709)  Pendidikan Khusus  Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd (0030127404)   Nida Al Haq (1102619016)
16 2022 Pengembangan Model Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri Terintegrasi Keterampilan  Proses Sains Untuk Siswa Hambatan intelektual Ringan Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc (0009046407)  Pendidikan Khusus  Dr. Irah Kasirah, M.Pd (0004016609) (0004016609) Anita (1102619001)
Jumlah Judul Penelitian Pada Tahun 2022 : 16

 

Tahun 2021

No Tahun Akademik Judul Penelitian Nama Ketua Tim Kepakaran Ketua Tim Nama dan Identitas Dosen Anggota Penelitian Nama dan Identitas Mahasiswa yang dilibatkan
1 2021 Identifikasi Peserta Didik Berbakat Jenjang Pendidikan Dasar di Universitas Negeri Jakarta  Dr. Indina Tarjiah, M.Pd (0028096404) Pendidikan Khusus  Dr. Asep Supena, M.Psi (0007096505) 

Suprihatin, M.Ed., Ed.D (0011057602) 

Dr. Hartini Nara M.Si (0017117303)

Almira Kusnaira Irdah (1102618058) 

Dinda Rahma Maulidiya (1102618058)

2 2021 Penerapan Teori Gestalt Pada Anak yang Mengalami Kesulitan Belajar Menulis Pada Siswa Sekolah Dasar  Dr. Wuryani, M.Pd (0012105711) Pendidikan Khusus    Munayat Febri (1102618057)
3 2021 Survey Prevalensi dan Karakteristik Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Bogor Jawa Barat  Dra. Siti nuraini p., Dipl  Ed. Stud MSp.Ed. (0016096108) Pendidikan Khusus  Suprihatin, M.Ed., Ed.D (0011057602) Septiana Dwiningrum (1102618082)
4 2021 Peserta Didik Sekolah Dasar yang Membutuhkan Layanan Pendidikan Khusus  Drs. Bahrudin, M.Pd (0016086504) Pendidikan Khusus  Dr. Indra Jaya, M.Pd (0022087802) 

Dr. Lalan Erlani, M.Ed (0004047008)

Muhammad Yusuf Ferdiansyah (1102618047)
5 2021 Implementasi Program Sekolah Luar Biasa Sebagai Resource Center for Unclusive Education di Jakarta Dr. Indra Jaya, M.Pd (0022087802) Pendidikan Khusus    Hannan Aqila Dzubair (1102618050)
6 2021 Pengetahuan Guru di Sekolah Dasar Tanggerang Mengenai Keterampilan Membaca Permulaan  Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd (0030127404)   Pendidikan Khusus  Dr. Indra Jaya, M.Pd (0022087802) Muhammad Hanif Mushabbir (1102618054)
7 2021 Peningkatan Kemampuan Arimatik Bagi Anak dengan Kesulitan Belajar Matematika  Budi Santoso, M.Pd (0006058206) Pendidikan Khusus  Dr. Asep Supena, M.Psi (0007096505) Yulita Ningsih (1102618049)
8 2021 Efikasi Diri dan Emosi Guru Dalam Pendidikan Inklusif Sebuah Penelitian Mix  Suprihatin, M.Ed., Ed.D (0011057602) Pendidikan Khusus  Dr. Murni Winarsih, M.Pd (0023117302) 

Dra. Siti Nuraini p., Dipl  Ed. Stud MSp.Ed. (0016096108)

Angie Ayu Setya (1102617036) Ika Rahayu (1102617023) 
9 2021 Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Media dan Informasi untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ Dr. Murni Winarsih, M.Pd (0023117302) Pendidikan Khusus  Riana Bagaskorowati, Ph.D. (0014077107) Suprihatin, M.Ed., Ed.D (0011057602) Intan Sari (1102618043)
10 2021 Pendataan Anak Berkebutuhan Khusus di Tingkat SD dan SMP Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta : Pedoman Penataan Sekolah Inklusi  Riana Bagaskorowati, Ph.D. (0014077107) Pendidikan Khusus  Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc (0009046407) Ruth Gultom (1102618042)
11 2021 Survey Penyelenggaraan Sekolah Dasar Inklusi di Wilayah Bekasi  Marja, M.Pd (0016097004) Pendidikan Khusus    Savira Yuniar Adelina (1102617002)
12 2021 Terapi Musikal Untuk Mengurangi Perilaku Self Abusive Anak Autistic Syndrome Disorder  Dr. Lalan Erlani, M.Ed (0004047008) Pendidikan Khusus  Dr. Ishak Gerald Bachtiar, S.Si, M.Pd (026116709) Puji Wahyuni (1102617010)
13 2021 Pengembangan Strategi Word-Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Penyelesaian Masalah peserta Didik Kesulitan Belajar di Wilayah DKI Jakarta Leliana Lianty, M.Pd (0003108103) Pendidikan Khusus  Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc (0009046407) Riska Destiany (1102618009)
14 2021 Peningkatan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Melalui PECS (Picture Exhance Communication System)  Dr. Ishak Gerald Bachtiar, S.Si, M.Pd (026116709) Pendidikan Khusus  Dr. Lalan Erlani, M.Ed (0004047008) 

Budi Santoso, M.Pd (0006058206)

Imam Yuriansah (1102618011)
15 2021 Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar dan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inkuiri Pada Siswa Tunarungu  Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc (0009046407) Pendidikan Khusus  Leliana Lianty, M.Pd (0003108103) Ria Kristanti (1102618076)
Jumlah Judul Penelitian Pada Tahun 2021 : 15

 

Tahun 2020

No Tahun Akademik Judul Penelitian Nama Ketua Tim Kepakaran Ketua Tim Nama dan Identitas Dosen Anggota Penelitian Nama dan Identitas Mahasiswa yang dilibatkan
1 2020 Pelaksanaan Pendidikan Khusus Bagi Peserta Didik Berbakat (Gifted dan Talented) di DKI Jakarta Dr. Indina Tarjiah, M.Pd (0028096404) Pendidikan Khusus  Dr. Asep Supena, M.Psi (0007096505) 

Suprihatin, M.Ed., Ed.D (0011057602)

Laras Kurnia Sari (1102617094)
2 2020 Evaluasi Program Pendidikan Inklusif Pada Sekolah Dasar Di DKI Jakarta Drs. Bahrudin, M.Pd (0016086504)  Pendidikan Khusus  Drs. Ibrahim Abidin, M.Pd 

Dr. Indra Jaya, M.Pd (0022087802)

Fadholli Akbar (1102617114) Jumeroh (1102617110)
3 2020 Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Berbasis Pendekatan ESL (Ekonomi , Sosial Dan Lingkungan) Untuk Guru SLB Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Gangguan Fisik Dan Motorik Dr. Irah Kasirah, M.Pd (0004016609)  Pendidikan Khusus  Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc (0009046407) Abdur Rahman (11026171113)
4 2020 Survey Estimasi Jumlah Anak Berkebutuhan Khusus pada Sekolah Dasar di Jakarta  Dr. Indra Jaya, M.Pd (0022087802) Pendidikan Khusus  Drs. Ibrahim Abidin, M.Pd 

Drs. Bahrudin, M.Pd (0016086504)

Mirah Hafilah (1102617116)
5 2020 Survai Layan Pendidikan Bagi Anak Persekolahan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Wilayah DKI Jakarta       Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd (0030127404)   Pendidikan Khusus    Rita Marbun (1102618077)
6 2020 Strategi Pembelajaran Bagi Anak Kesulitan Belajar Matematika  Budi Santoso, M.Pd (0006058206) Pendidikan Khusus  Dr. Asep Supena, M.Psi (0007096505) 

Dr. Lalan Erlani, M.Ed (0004047008)

Mochammad Ashar Sentyaki (1102617112)
7 2020 Pengembangan Media Kespro berbasis Animasi utk Tunarungu  Dr. Murni Winarsih, M.Pd (0023117302) Pendidikan Khusus  Riana Bagaskorowati, Ph.D (0014077107) Fuji Triesnawaty Sumarna (1102618063)
8 2020 Identifikasi Potensi Belajar Berbasis Respons Intervensi Pada Anak Down Syndrome.      Riana Bagaskorowati, Ph.D. (0014077107) Pendidikan Khusus  Dr. Murni Winarsih, M.Pd (0023117302) Muhamad Bagas (1102618070)
9 2020 Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Tingkat SLTP Marja, M.Pd (0016097004) Pendidikan Khusus  Dr. Indina Tarjiah, M.Pd (0028096404) 

Dr. Asep Supena, M.Psi (0007096505)

Muhammad Septian (1102617093)
10 2020 Survey Estimasi Special Needs Children (Anak Berkebutuhan Khusus) di Sekolah Menengah Atas di Provinsi DKI Jakarta  Dr. Lalan Erlani, M.Ed (0004047008) Pendidikan Khusus  Dr. Ishak Gerald Bachtiar, S.Si, M.Pd (026116709) 

Marja, M.Pd (0016097004)

Dewi Larasati (1102617017)
11 2020 Pengembangan Strategi K-W-QA-L (Know-Want-QuestionAnswer-Learn) Untuk Meningkatkan Keterarnpilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kesulitan Belajar Di Wilayah DKI Jakarta Leliana Lianty, M.Pd (0003108103) Pendidikan Khusus  Dr. Murni Winarsih, M.Pd (0023117302) 

Dr. Totok Bintoro, M.Pd (0013026103)

Nola Dewanti (1102617030)
12 2020 Survey Layanan Pendidikan Inklusi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Jenjang SMK Dr. Hartini Nara M.Si (0017117303) Pendidikan Khusus  Dr. Irah Kasirah, M.Pd (0004016609) 

Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc (0009046407)

Riska Destiany (1102618009)
13 2020 Penggunaan Portable LCD Writing Pad Dalam Pembelajaran Komunikasi Augmentatif Untuk Anak Autistic Syndrom Disorder (ASD)      Dr. Ishak Gerald Bachtiar, S.Si, M.Pd (026116709)  Pendidikan Khusus  Dr. Lalan Erlain, M.Ed (0004047008) 

Budi Santoso, M.Pd(0006058206)

Agung Ramdhani (1102618004)
14 2020 Pengembangan Media Pembelajaran  IPA Berbasis Multimedia Interaktif Bagi Siswa Tunarungu   Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc (0009046407) Pendidikan Khusus    Muhammad Fikri Ramadany Akbar Saban (1102618002)
Jumlah Judul Penelitian Tahun 2020 : 14