Profil Lulusan
PROFIL LULUSAN | TUJUAN PROGRAM STUDI | |
1 | Dosen | Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi perkuliahan dalam bidang bimbingan dan konseling dengan mengembangkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi antara mahasiswa, antar dosen dan stakeholder yang sesuai dengan bidang keahliannya. Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dengan menggunakan teknologi informasi terkini dalam rangka memecahkan permasalahan di bidang bimbingan dan konseling yang dilandasi keterbukaan intelektual, dan kesadaran etik Melaksanakan pengabdian masyarakat yang bersifat kolaboratif, dengan tujuan pemecahan masalah dalam bidang bimbingan konseling dengan cara yang kreatif sehingga dapat mengambil keputusan yang relevan dengan masalah yang dihadapi. Membimbing penelitian mahasiswa dalam rangka memecahkan masalah dalam bidang bimbingan dan konseling yang didasarkan pada kesadaran akan prinsip-prinsip etik. |
2 | Peneliti dalam bidang pendidikan khususnya BK | Merancang, melaksanakan, mengevaluasi program penelitian dengan menggunakan teknologi informasi terkini dalam rangka memecahkan permasalahan di bidang bimbingan dan konseling yang dilandasi keterbukaan intelektual, dan kesadaran etik Mendesiminasikan secara kolaboratif hasil penelitian melalui perangkat teknologi informasi terkini |
3 | Konsultan pendidikan dalam bidang bimbingan dan konseling | memberikan jasa konsultasi dalam bentuk perancangan program yang bersifat kolaboratif, dengan tujuan pemecahan masalah dalam bidang bimbingan konseling dengan cara yang kreatif sehingga dapat mengambil keputusan yang relevan dengan masalah yang dihadapi. memberikan pembinaan terhadap program yang ditawarkan yang didasarkan pada kemampuan evaluasi diri dan kewelasasihan dan etika kerja. memberikan supervisi terhadap program yang dijalankan yang didasarkan pada kemampuan evaluasi diri dan kewelasasihan dan etika kerja sehingga supervisee bisa mengambil keputusan dan memecahkan masalah |
4 | Koordinator konselor sekolah/ guru BK | Mampu melakukan supervisi pada sejawat didasarkan pada kemampuan evaluasi diri dan kewelasasihan dan etika kerja sehingga supervisee bisa mengambil keputusan dan memecahkan masalahMengkoordinir pengelolaan program BK bersifat kolaboratif, dengan tujuan pemecahan masalah dalam bidang bimbingan konseling dengan cara yang kreatif sehingga dapat mengambil keputusan yang relevan dengan masalah yang dihadapi |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
SIKAP | |
S-1 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan kesadaran agama, moral, dan etika. |
S-2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
S-3 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S-4 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S-5 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S-6 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S-7 | Memiliki kesadaran akan keragaman profesi yang menghendaki kolaborasi professional dalam pengembangan keilmuan dan profesi Bimbingan dan Konseling |
KETERAMPILAN UMUM | |
K-1 | Mampu mengembangkan cara berpikir ilmiah dan kreatif agar dapat melakukan penelitian dalam bidang BK dan mempublikasikannya dalam forum ilmiah baik nasional maupun internasional. |
K-2 | Mampu memvalidasi penerapan teori BK dalam mengatasi permasalahan dalam praktek layanan. |
K-3 | Mampu menyampaikan kepada masyarakat luas gagasan kepakaran di bidang bimbingan dan kosneling secara kolaboratif dengan lembaga-lembaga terkait. |
K-4 | Mampu mengembangkan peta penelitian dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner pada bidang pendidikan, bimbingan dan konseling dalam rangka memecahkan masalah dan mengambil keputusan |
K-5 | Memiliki kemampuan literasi digital untuk membuat keputusan dalam konteks penyelesaian masalah dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang bimbingan dan konseling. |
K-6 | Mampu mengelola, dan mengembangkan jaringan kerja yang lebih luas dengan sejawat di dalam lembaga, masyarakat, dan komunitas peneliti; |
K-7 | Mampu telaah diri terus menerus untuk meningkatkan kapasitas belajar secara mandiri |
K-8 | Mampu mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya secara terbuka dan meyakinkan dengan cara mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan terbebas dari plagiasi. |
K-9 | Mampu menggunakan hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan pelayanan serta pengembangan profesi bimbingan dan konseling secara kolaboratif * |
PENGETAHUAN | |
P-1 | Menguasai ilmu pendidikan, bimbingan dan konseling sebagai paradigma dalam pengembangan ilmu dan pemecahan masalah bangsa, masyarakat dan peserta didik; |
P-2 | Menguasai berbagai teori, konsep serta hasil penelitian yang relevan dengan paradigma atau kerangka kerja penelitian dalam bidang Bimbingan dan Konseling; |
P-3 | Menguasai metodologi penelitian dalam bidang Bimbingan dan Konseling untuk menguatkan teori berbasis evidence dan landasan bagi praktik Bimbingan dan Konseling; serta |
P-4 | Menguasai pengetahuan dan pendekatan pembelajaran yang mampu memelihara dan mengembangkan mutu pendidikan pada jenjang S1 dan profesi Bimbingan dan Konseling. |
KETERAMPILAN KHUSUS | |
KK-1 | Mengembangkan instrumen untuk keperluan asesmen layanan dan penelitian dalam bimbingan dan konseling baik dalam format digital maupun non digital. |
KK-2 | Mengembangkan dan mengintegrasikan strategi dan media layanan bimbingan dan konseling sesuai dengan kemajuan teknologi; |
KK-3 | Mengembangkan disain, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran pada program S1 dan profesi Bimbingan dan Konseling berdasarkan prinsip-prinsip berpikir kreatif dengan memanfaatkan teknologi digital dan non-digital. |
KK-4 | Menyelia pembelajaran, praktikum, magang, dan pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling dengan didasarkan pada prinsip-prinsip telaah diri terus menerus dan kewelasasihan kepada mahasiswa; |
KK-5 | Mengembangkan model-model evaluasi dan supervisi dalam bidang bimbingan dan konseling; |
KK-6 | Mengintegrasikan strategi bimbingan kelompok dan klasikal untuk tema-tema khusus sesuai dengan etika bimbingan dan konseling; |
KK-7 | Mengintegrasikan strategi konseling individual dan kelompok terhadap masalah khusus sesuai dengan etika bimbingan dan konseling; |
KK-8 | Mengembangkan dan mengintegrasikan strategi layanan konsultasi, mediasi dan advokasi pada isu-isu khusus dengan prisip keterbukaan intelektual; |
KK-9 | Merancang dan melaksanakan penelitian pendidikan dalam bidang Bimbingan dan Konseling yang interdisipliner atau multidisipliner |
KK-10 | Menyusun dan mempublikasikan karya tulis ilmiah dalam forum dan atau atau jurnal ilmiah; |
KK-11 | Mengembangkan sistem manajemen bimbingan dan konseling sesuai dengan prinsip-prinsip telaah diri terus menerus |
KK-12 | Menelaah isu-isu multikultur yang terkait dengan identitas sosial dalam konteks pendidikan untuk layanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan keterampilan telaah diri dan kewelasasihan. |
K-10 | Menelaah isu-isu etik dalam praktek pendidikan dan layanan bimbingan dan konseling sesuai dengan prinsip work ethics dan telaah diri terus menerus |
KK-11 | Mengembangkan riset dan model intervensi karir dalam layanan bimbingan dan konseling |
*tambahan forum prodi
Daftar Mata Kuliah
Daftar Mata Kuliah Tanpa MBKM
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
(1) | (2) | (3) | (4) |
Mata Kulia9h Pascasarjana | |||
1 | 17260003 | Filsafat Ilmu | 3 |
2 | 17260173 | Metodologi Penelitian | 3 |
3 | 17260023 | Statistika | 3 |
… | 17260033 | Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan | 3 |
Jumlah | 12 | ||
Mata Kuliah Program Studi | |||
1. | 17260042 | Isu-Isu Multikultur dalam Bimbingan dan Konseling | 2 |
2. | 17260052 | Teori-teori konseling | 2 |
3. | 17260062 | Asesmen dalam Bimbingan Konseling | 2 |
4. | 17260072 | Pengembangan Sistem Manajemen BK | 2 |
5. | 17260183 | Bimbingan dan Konseling Kelompok | 3 |
6. | 17260112 | Evaluasi dan Supervisi dalam BK | 2 |
7. | 17260122 | Konseling Multikultur | 2 |
8. | 17260132 | Pengembangan Karier | 2 |
9. | 17260192 | Internship Bimbingan dan Konseling | 2 |
10. | 17260142 | Etika dan Pengembangan Identitas Profesional Konselor | 2 |
17260103 | Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan | 3 | |
11. | 17264001 | Ujian Komprehensif | 1 |
12. | 10063001 | Seminar Usulan | 1 |
13. | 10064016 | Tesis | 6 |
Jumlah | 32 | ||
Mata Kuliah Prasyarat | |||
1. | 17260204 | Matrikulasi Pengantar Bimbingan dan Konseling | 4 |
2. | 17260214 | Matrikulasi Teori dan Teknik Konseling | 4 |
3. | 17260224 | Matrikulasi Teori Kepribadian | 4 |
Mata Kuliah Pilihan (boleh pilih salah satu) | |||
1. | 17260152 | Kajian multikultur | 2 |
2. | 17260162 | Pendekatan Kontemporer dalam Konseling | 2 |
Konseling naratif | 2 | ||
Cinema therapy | 2 | ||
Acceptance and Commitment therapy | 2 | ||
Compassion focused therapy | 2 | ||
Sexual and gender therapy | 2 | ||
Konseling Keluarga | 2 | ||
Mindfulness Therapy | 2 |
Daftar Mata Kuliah Dengan MBKM
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
(1) | (2) | (3) | (4) |
Mata Kuliah Pascasarjana | |||
1 | 17260003 | Filsafat Ilmu | 3 |
2 | 17260173 | Metodologi Penelitian | 3 |
3 | 17260023 | Statistika | 3 |
… | 17260033 | Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan | 3 |
Jumlah | 12 | ||
Mata Kuliah Program Studi | |||
1. | 17260042 | Isu-Isu Multikultur dalam Bimbingan dan Konseling | 2 |
2. | 17260052 | Teori-teori konseling | 2 |
3. | 17260062 | Asesmen dalam Bimbingan Konseling | 2 |
4. | 17260072 | Pengembangan Sistem Manajemen BK | 2 |
5. | 17260183 | Bimbingan dan Konseling Kelompok | 3 |
6. | 17260112 | Evaluasi dan Supervisi dalam BK | 2 |
7. | 17260122 | Konseling Multikultur | 2 |
8. | 17260132 | Pengembangan Karier | 2 |
9. | 17260192 | Internship Bimbingan dan Konseling | 2 |
10. | 17260142 | Etika dan Pengembangan Identitas Profesional Konselor | 2 |
17260103 | Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan | 3 | |
11. | 17264001 | Ujian Komprehensif | 1 |
12. | 10063001 | Seminar Usulan | 1 |
13. | 10064016 | Tesis | 6 |
Jumlah | 32 | ||
Mata Kuliah Prasyarat | |||
1. | 17260204 | Matrikulasi Pengantar Bimbingan dan Konseling | 4 |
2. | 17260214 | Matrikulasi Teori dan Teknik Konseling | 4 |
3. | 17260224 | Matrikulasi Teori Kepribadian | 4 |
Mata Kuliah Pilihan (boleh pilih salah satu) | |||
1. | 17260152 | Kajian multikultur | 2 |
2. | 17260162 | Pendekatan Kontemporer dalam Konseling | 2 |
Konseling naratif | 2 | ||
Acceptance and Commitment therapy | 2 | ||
Compassion focused therapy | 2 | ||
Konseling Keluarga | 2 | ||
Mindfulness Therapy | 2 | ||
… | |||
Mata Kuliah Luar Program Studi dalam Perguruan Tinggi (Kegiatan 1 MBKM) | |||
1 | Dikdas | 2 | |
2 | PAUD | 2 | |
3 | TP | 2 | |
… | Bahasa | 2 | |
Mata Kuliah Luar Perguruan Tinggi (Kegiatan 2 MBKM) | |||
1 | TTK | 2 | |
2 | Supervisi | 3 | |
3 | Karir | 2 | |
… | |||
Mata Kuliah Kegiatan 3 MBKM | |||
1 | Magang di NGO | 2 | |
2 | Magang di lembaga pemerintah seperti di BNN, Kemensos | 2 | |
… | |||
Jumlah | 50 |
Sebaran Mata Kuliah Per Semester
Sebaran Mata Kuliah Kurikulum Tanpa MBKM
No | Semester 1 | SKS |
Mata Kuliah | ||
1 | Matrikulasi Pengantar Bimbingan dan Konseling | 4 |
2 | Matrikulasi Teori dan Teknik Konseling | 4 |
3 | Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan | 3 |
4 | Metode Penelitian | 3 |
5 | Statistika | 3 |
6 | Filsafat Ilmu | 3 |
7 | Asesmen dalam Bimbingan Konseling | 2 |
8 | Isu-isu Multikultural dalam Bimbingan Konseling | 2 |
No | Semester 2 | SKS |
Mata Kuliah | ||
1 | Matrikulasi Teori Kepribadian | 4 |
2 | Konseling Multikultur | 2 |
3 | Pengembangan Sistem Manajemen dalam Bimbingan Konseling | 2 |
4 | Bimbingan dan Konseling Kelompok | 3 |
5 | Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan | 3 |
6 | Evaluasi dan Supervisi dalam Bimbingan Konseling | 2 |
7 | Teori-teori Konseling | 2 |
8 | Pengembangan Karir | 2 |
No | Semester 3 | SKS |
Mata Kuliah | ||
1 | Etika dan Pengembangan Identitas Profesional Konselor | 2 |
2 | Internship Bimbingan dan Konseling | 2 |
3 | Ujian Komprehensif | 1 |
4 | Seminar Usulan | 1 |
No | Semester 4 | SKS |
Mata Kuliah | ||
1 | tesis | 6 |
Sebaran Mata Kuliah Kurikulum Dengan MBKM
No | Semester 1 | SKS |
Mata Kuliah | ||
1 | Matrikulasi Pengantar Bimbingan dan Konseling | 4 |
2 | Matrikulasi Teori dan Teknik Konseling | 4 |
3 | Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan | 3 |
4 | Metode Penelitian | 3 |
5 | Statistika | 3 |
6 | Filsafat Ilmu | 3 |
7 | Asesmen dalam Bimbingan Konseling | 2 |
8 | Isu-isu Multikultural dalam Bimbingan Konseling | 2 |
Kegiatan MBKM 1 | ||
No | Semester 2 | SKS |
Mata Kuliah | ||
1 | Matrikulasi Teori Kepribadian | 4 |
2 | Konseling Multikultur | 2 |
3 | Pengembangan Sistem Manajemen dalam Bimbingan Konseling | 2 |
4 | Bimbingan dan Konseling Kelompok | 3 |
5 | Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan | 3 |
6 | Evaluasi dan Supervisi dalam Bimbingan Konseling | 2 |
7 | Teori-teori Konseling | 2 |
8 | Pengembangan Karir | 2 |
Kegiatan MBKM 1 | ||
No | Semester 3 | SKS |
Mata Kuliah | ||
1 | Etika dan Pengembangan Identitas Profesional Konselor | 2 |
2 | Internship Bimbingan dan Konseling | 2 |
3 | Ujian Komprehensif | 1 |
4 | Seminar Usulan | 1 |
No | Semester 4 | SKS |
Mata Kuliah | ||
1 | tesis | 6 |
Deskripsi Mata Kuliah
Nama Kelompok Mata Kuliah | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS | Deskripsi |
Mata Kuliah Universitas | 17260003 | Filsafat Ilmu | 3 | Filsafat ilmu merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa agar mampu mengkritisi landasan filosofis bimbingan dan konseling (ontologis, epistimologis, aksiologis) melalui kemampuan berpikir logis, objektif,sistematis |
17260173 | Metodologi Penelitian | 3 | Metodologi penelitian dalam BK merupakan mata kuliah yang membekali Mahasiswa kemampuan mengaplikasikan metode penelitian yang evaluatif/reflektif/pengembangan dalam menghasilkan ilmu pengetahuan dalam bidang bimbingan dan konseling. | |
17260023 | Statistika | 3 | Statistika merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa kemampuan menganalisis data dalam bentuk grafik, tabel, angka menggunakan teknis statistik dan inferensial untuk keperluan; kategorisasi, uji persyaratan analisis data, pengujian hipotesis yang bersifat korelasi, komparatif, serta evaluatif. | |
17260033 | Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan | 3 | Konseling individu merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa agar mampu mendesain strategi intervensi konseling melalui kajian terhadap best practice dalam perspektif multikultur | |
Mata Kuliah Pra Syarat | 17260204 | Matrikulasi Pengantar Bimbingan dan Konseling | 4 | |
17260214 | Matrikulasi Teori dan Teknik Konseling | 4 | ||
17260224 | Matrikulasi Teori Kepribadian | 4 | ||
Mata Kuliah Program Studi | 17260052 | Teori-teori konseling | 2 sks | Teori-teori Konseling merupakan mata kuliah yang bertujuan agar mahasiswa mampu membandingkan konsep-konsep utama dan praktik pendekatan- pendekatan konseling konvensional dengan pendekatan-pendekatan konseling kontemporer |
17260062 | Asesmen BK | 2 sks | Asesmen dalam BK merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa agar dapat mengembangkan berbagai teknik asesmen melalui kajian terhadap best practice dengan perspektif multikultur. | |
17260072 | Pengembangan Sistem Manajamen BK | 2 sks | Pengembangan Sistem Manajemen BK merupakan mata kuliah yang bertujuan membekali mahasiswa kemampuan mengembangkan sistem manajemen BK \yan dan efisien melalui kajian terhadap best practice dalam perspektif multikultur. | |
17260083 | BK Kelompok | 3 sks | Bimbingan dan konseling kelompok merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa agarmampu mendesain strategi intervensi psikoedukasi dan konseling melalui kajian terhadap best practice dalam perspektif multikultur dalam format kelompok. Mahasiswa akan mempelajari konsep, proses, dan teknik-teknik kelompok dalam penyelanggaraan layanan bantuan bimbingan dan konselingdi sekolah (lingkungan pendidikan); mengkaji landasan teoritis dan psikologis berbagai teknik; penyusunan suatu rancangan pendekatan kelompok untuk jmencegah dan atau mengatasi suatu permasalahan tertentu yang dipilih berdasarkan need assesment, termasuk latihan pelaksanaannya secara terbatas di laboratorium atau kelas penyelenggaraan bimbingan dan konseling secara kelompok. | |
17260103 | Teknologi komunikasi dan informasi pendidikan | 3 sks | Teknologi Komunikasi dalam Informasi Pendidikan bertujuan untuk membekali mahasiswa memahami dan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengakses jurnal penelitian dan sumber informasi untuk memperkaya wawasan. Serta memanfaatkan IT untuk pengembangan layanan konseling. | |
17260112 | Evaluasi dan Supervisi BK | 2 sks | Evaluasi dan supervisi BK merupakan mata kuliah yang bertujuan agar mahasiswa dapat mengembangkan model evaluasi yang efektif melalui kajian terhadan best practice dalam perspektif multikultur serta mampu melaksanakan kegiatan supervisi BK. | |
17260042 | Isu-isu multikultur | 2 sks | Mata kuliah isu-isu multikultur merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa agar mampu mengkritisi isu- isu multikultur yang terkait dengan identitas sosialnya yaitu etnis/ras, agama, gender/seksualitas dan kelas sosial. yang berpengaruh pada keberagaman dan kesetaraan bagi peserta didik dalam konteks pendidikan dan bimbingan konseling berdasarkan hasil riset yang ada. | |
17260122 | Konseling Multikultur | 2 sks | Konseling multikultur merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan kemampuan konseling multikultur, bentuk pengetahuan, maupun keterampilan dalam menghadapi beeragam konseli dengan identitas sosial yang beragam seperti etnis/ras, agama. Gender/seksualitas dan kelas sosial. | |
17260132 | Pengembangan Karir | 2 sks | bertujuan untuk membekali mahasiswa agar dapat menelaah berbagai teori pengetahuan mengenai karir sebagai arah dalam menyelenggarakan bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan karir. | |
17260192 | Internship | 2 sks | Internship Bimbingan dan Konseling merupakan mata kuliah yang memberikan m pengalaman mengaplikasikan konsep teoritik bimbingan dan konseling dalam situ sebenarnya sesuai dengan profil lulusan yang diinginkan. Mahasiswa dilatih mela need assesment, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi program-program konseling (pendidikan) dalam berbagai latar kelembagaan. | |
17264001 | Ujian Komprehensif | 0 sks | Ujian Komprehensif adalah mata kulian non SKS yang bertujuan untuk menguji kemampuan mahasiswa terhadap seluruh mata kuliah yang telah ditempuh secara komprehensif | |
17260142 | Etika dan Pengembangan Identitas Profesional konselor | 2 sks | Etika dan Pengembangan Identitas Profesional Konselor merupakan mata kuliah y membekali mahasiswa agar memiliki kesadaran etis yang berhubungan dengan issu identitas sosial dalam konteks bimbingan dan konseling serta penerapan standar etis dalam praktek bimbingan dan konseling sesuai dengan p prinsip multikultur. | |
17263001 | Seminar usulan | 2 sks | Seminar usulan adalah mata kuliah yang berbentuk sidang pengajuan usulan penelitian untuk memberikan umpan balik terhadap proposal penelitian mahasiswa | |
MPK-0012 | Tesis | 6 sks | Proses penulisan karya ilmiah sebagai tugas akhir akademik. Merupakan mata kul mahasiswa melakukan kerja mandiri dalam merencanakan dan melaksanakan pe (karya ilmiah) tentang suatu masalah pendidikan dan atau bimbingan dan konseli sesuai dengan minat spesialisasi mahasiswa, serta menulis laporan dalam bentuk t terbimbing. | |
Mata Kuliah Pilihan | 17260152 | Kajian Multikultur | 2 sks | Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dalam memahami perspektif multikultur. Dalam mata kuliah ini mahasiswa menganalisis berbagai aktifitas- aktifitas dan kebijakan-kebijakan bimbingan dan konseling dengan menggunakan perspektif multikultur. |
17260162 | Pendekatan Kontemporer dalam Konseling | 2 | ||
Konseling naratif | 2 | |||
Cinema therapy | 2 | |||
Acceptance and Commitment therapy | 2 | |||
Compassion focused therapy | 2 | |||
gender based therapy | 2 | |||
Konseling Keluarga | 2 | |||
Mindfulness Therapy | 2 |