VISI
Pada tahun 2045 menjadi pusat pendidikan dan kajian bidang Bimbingan dan Konseling yang unggul di tingkat Asia.
MISI
Misi Program Studi (S-1) Bimbingan dan Konseling FIP UNJ adalah sebagai berikut:
- Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi yang unggul dan berguna di bidang bimbingan dan konseling.
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Bimbingan dan Konseling yang menghasilkan lulusan yang mampu menyelenggarakan layanan BK berbasis multikultur dan teknologi pada setting pendidikan.
- Melakukan penelitian dan kajian keilmuan bimbingan dan konseling.
- Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat dalam rangka diseminasi dan implementasi bidang bimbingan dan konseling.
- Menjalin kemitraan dengan stakeholder, lembaga lain, baik tingkat lokal, nasional, maupun Asia.
- Memberikan layanan konsultasi, informasi, dan edukasi dalam bidang bimbingan dan konseling di sekolah dan di luar sekolah.
TUJUAN
Tujuan Program Studi (S-1) Bimbingan dan Konseling FIP UNJ adalah :
- Menghasilkan sarjana pendidikan yang mampu meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang bimbingan dan konseling.
- Menghasilkan tenaga pendidik profesional dalam bidang bimbingan dan konseling yang mampu menyelenggarakan layanan BK berbasis multikultur dan teknologi pada setting pendidikan.
- Memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi akademik dan non akademik pada tingkat lokal, wilayah, nasional, dan internasional.
- Menghasilkan produk riset yang dapat digunakan oleh stakeholder.
- Menghasilkan berbagai bentuk kemitraan dengan stakeholder, dan lembaga lain, baik nasional maupun internasional.
- Menghasilkan berbagai bentuk kepedulian sosial (social responsibilities) terutama bagi masyarakat profesi bimbingan dan konseling.
KOMPETENSI LULUSAN
Kompetensi Utama
Mahasiswa Program Studi (S-1) Bimbingan dan Konseling FIP UNJ yang telah mengikuti seluruh proses perkuliahan, diharapkan dapat menampilkan capaian sebagai kompetensi utama lulusan, sebagai berikut:
- Memanfaatkan penemuan-penemuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan, psikologi, sosiologi, dan Bimbingan dan Konseling sebagai dasar penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling.
- Menerapkan keterampilan konsultasi, kolaborasi, mediasi, advokasi dan resolusi yang adaptif dan transformatif dalam penyelesaian masalah.
- Menguasai kerangka teori dan praktik bimbingan dan konseling
- Mampu merancang program BK berdasarkan hasil asesmen
- Mempraktekan kemahiran berbahasa dalam menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis
- Mampu mengaplikasikan pendekatan-pendekatan dalam layanan konseling individu pada bidang pribadi-sosial, akademik, dan karier
- Mampu mengaplikasikan keterampilan-keterampilan dan dinamika kelompok dalam layanan konseling kelompok pada bidang pribadi-sosial, akademik, dan karier.
- Mampu mengevaluasi pelaksanaan program sebagai bagian dasar pengembangan program bimbingan dan konseling
- Memperlihatkan kesadaran etis dan legal dalam bekerja.
- Membina hubungan antar pribadi dalam bekerja.
- Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi bimbingan dan konseling.
- Mengimplementasikan kolaborasi antarprofesi.
- Mampu mengaplikasikan metode-metode psiko-edukasi yang berpusat pada siswa (student centered learning) dalam layanan bimbingan dan klasikal pada bidang pribadi-sosial, akademik, dan karier.
Kompetensi Pendukung
Mahasiswa Program Studi (S-1) Bimbingan dan Konseling FIP UNJ yang telah mengikuti seluruh proses perkuliahan, diharapkan dapat menampilkan capaian sebagai kompetensi pendukung lulusan, sebagai berikut:
- Menemukenali landasan filosofis, pendidikan, psikologi, sosiologi yang mendasari praksis bimbingan dan konseling
- Memiliki perspektif multikultur sebagai upaya aktif untuk mendorong terjadinya transformasi sosial.
- Mampu berpikir secara sistematis dalam mencari dan mengevaluasi pengetahuan melalui kemampuan berpikir kritis, inkuiri, dan penelitian.
Kompetensi Pilihan
Mahasiswa Program Studi (S-1) Bimbingan dan Konseling FIP UNJ yang telah mengikuti seluruh proses perkuliahan, diharapkan dapat menampilkan capaian sebagai kompetensi lainnya/pilihan lulusan, sebagai berikut:
- Menguasai konsep dan praksis bimbingan dan konseling gender
- Menguasai konsep dan praksis bimbingan dan konseling anak
- Menguasai konsep dan praksis bimbingan dan konseling keluarga
- Menguasai konsep dan praksis bimbingan dan konseling NAPZA
- Menguasai konsep dan praksis bimbingan dan konseling keberbakatan