FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PENETAPAN PROFIL LULUSAN PRODI MP

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PENETAPAN PROFIL LULUSAN PRODI MP

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PENETAPAN PROFIL LULUSAN PRODI MP

Pada hari sabtu, 8 Mei 2021 telah dilaksanakan FGD tahap 1 dengan mengundang Pakar Manajemen Pendidikan, Asosiasi Profesi, PGRI, Pengawas, kepala sekolah, pengguna lulusan, serta alumni. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh koorprodi MP, Dr. Siti Zulaikha, S. Ag, M. Pd dilanjutkan paparan desain profil lulusan prodi MP oleh Prof. Dr. Aan Komariah, M. Pd, Prof. Sutjipto, dan Prof. Unifah Rosyidi, M. Pd, Dilanjutkan dengan sesi diskusi. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan brainstorming dari pengawas SD Kecamatan Pulogadung Drs. Salamun, M. Pd, kepala sekolah SDN Rawamangun 12 pagi Bapak Rosim, S. Pd, M. Si, serta dari para alumni, diantaranya: Fachrul Rosyid, M. Pd, Mahendra Eka Saputra, S. Pd, Ratna Nurlaila, S. Pd, Zulfikar, S. Pd, Dwina, S. Pd, Pratamadhanty, M. Pd, Fathurrohman, S. Pd, dengan didampingi beberapa dosen MP yaitu Dr. Suryadi, Dr. Supadi, M. Pd, Dr. Desi Rahmawati, M. Pd, Dimas Kurnia Robby, M. Pd dan Evitha Soraya, M. Pd. Beberapa hasil FGD diantaranya:

Profil lulusan adalah “Peran” yang diharapkan bisa dilakukan nantinya oleh lulusan didunia kehidupan. Peran ini bisa menunjuk kepada suatu profesi (dosen, kepala sekolah, pengawas) atau jenis pekerjaan yang khusus (manager pendidikan, praktisi pendidikan, akademisi) atau bentuk kerja yang bisa digunakan dalam beberapa bidang yang lebih umum (peneliti, analis, leader) yang dicanangkan oleh Program Studi. Dengan mengidentifikasi jenis pekerjaan dan jabatan, penentuan profil lulusan dapat dilakukan dengan mudah. Masukan profil lulusan S1 MP:

 

Pelaksana tata kelola satuan pendidikan, tim pengembang pada tingkat satuan pendidikan. Pelaksana tata kelola/tim teknis pada tingkat satuan pendidikan adalah sumber daya manusia yang bekerja pada tingkat satuan pendidikan (sekolah/lembaga diklat) dengan kategori tenaga kependidikan. Pada pendidikan formal, pelaksana ini disebut dengan tenaga tata usaha sekolah (TAS) sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomo 28 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah. Standar  tenaga  administrasi   sekolah/madrasah.
Analis, perencana, pelaksana tata kelola (pemroses), pengawas, dan pengembang pada penyelenggaraan pendidikan di yayasan, dinas pendidikan, lembaga/badan diklat/pusdiklat, organisasi pendidikan, dan layanan pendidikan lainnya. Jenis-jenis tenaga kerja sebagaimana dicantumkan di atas merupakan peran-peran yang telah dianalisis uraian kerjanya dan pelaksanaan kerjanya membutuhkan ilmu administrasi pendiidkan. Hal ini sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 20 Tahun 2015 Tentang Uraian Tugas Jabatan Pelaksana di Lingkungan Badan Kepegawaian Negara.

Gambar1

Catatan (1)

Industry 4.0 will not only affect industries but consequently will transform the way jobs and education will be seen. This will result in the evolution of education 4.0.

Catatan (2)

  • Students now had their own access to information, the option to learn irtually, and platforms to easily connect with faculty and other students.
  • Education was no longer centered upon a back and forth between students and teachers, but instead took on a more networked approach, with students having their own direct connection to a variety of different information sources.
  • his industrial revolution focuses on smart technology, artificial intelligence, and robotics; all of which now impact our everyday lives

Catatan (3)

  • Cyber-physical systems are steadily becoming more integrated into various industries, inevitably affecting theskills requirements for employees.
  • The fourth industrial revolution will also impact the soft skills that students will need in the future.
  • Some of the soft skills they claim will soon become indispensable include complex problem solving, social skills, and process skills.
  • Technology also allows us to be constantly connected, and as a result, job roles are steadily becoming more flexible and adaptable.

Gambar2

Gambar4

Gambar5

File Profil Mahasiswa MP hasil FGD dapat diunduh disini

File Kurikulum MP hasil FGD dapat diunduh disini