Program Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Gelar Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Program Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Gelar Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Program Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Gelar Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

CIANJUR, INFODESAKU – Dengan tema Pendampingan Pengembangan Video Pembelajaran Yang Menarik Dengan Memanfaatkan Aplikasi Yang Mudah Bagi Guru-Guru di Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur. Kegiatan PKM Program Magister Teknologi Pendidikan UNJ ini dilaksanakan dari tanggal 25 – 27 Juli 2022 di SMAN 1 Mande, Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Tema pengembangan video pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi yang mudah bagi Guru ini merupakan tema yang dirasa tepat dan sesuai, mengingat kebutuhan guru-guru khususnya di SMAN 1 Mande, Kabupaten Cianjur yang menerapkan sistem pembelajaran hybrid learning.

Rangkaian kegiatan PKM pada tanggal 26 Juli 2022 yang dipimpin langsung oleh Koorprodi Magister Teknologi Pendidikan UNJ, Dr. Eveline Siregar, M.Pd. diawali dengan pemaparan materi oleh Dr. Eveline Siregar, M.Pd. mengenai Konsep Dasar Video Pembelajaran dan Tahap Pra-Produksi. Isi dari materi tersebut yaitu tentang bagaimana cara meningkatkan belajar dengan menggunakan video. Kemudian sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh para peserta pendampingan.

Salah satu guru SMAN 1 Mande, Eli Solihat yang juga menjadi peserta dalam kegiatan pendampingan ini menyampaikan keresahannya mengenai kesulitan yang dihadapi guru-guru ketika mengembangkan video pembelajaran. Pada akhir materi, dilaksanakan kuis menggunakan platform Quiziz untuk mengulas kembali materi yang telah disampaikan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparam materi Praktek Pembuatan Dokumen Pra-Produsksi yang meliputi Garis Besar Isi Media (GBIM) dan Naskah Video Sederhana oleh Elfite Rahmi, M.Pd. Dua materi selanjutnya membahas mengenai Tahap Produksi dan Pasca Produksi berkaitan dengan Teknik kamera dan praktik aplikasi video pembelajaran yang dipaparkan oleh Dr. Cecep Kustandi, M.Pd. Materi ini diawali dengan analisis kemampuan awal peserta menggunakan aplikasi Slido.

Analisis dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peserta memahami penggunaan aplikasi-aplikasi video editor. Aplikasi video editor yang didalami pada kegiatan pendampingan ini yaitu aplikasi Renderforest untuk membuat video dalam bentuk animasi dan Prezi Video untuk membuat video presentasi yang menarik. Peserta mempraktikan pembuatan video pembelajaran yang ditutori secara langsung oleh Dr. Cecep Kustandi, M.Pd. Materi praktik diakhiri dengan sesi tanya jawab dan kuis. Kemudian materi mengenai Cara Editing Video Menggunakan Capcut yang disampaikan oleh Trada Lardiatama, S.Kom. Seluruh materi diakhiri dengan melangsungkan post-test dan evaluasi kegiatan oleh peserta pendampingan.

Antusias dari peserta PKM ini sangatlah tinggi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan kepada para pemateri berkaitan dengan materi yang disampaikan. Selain itu beberapa kali sesi kuis juga diikuti dengan baik oleh para peserta yang cukup mencairkan suasana sekaligus menguji pemahaman materi para peserta yang mengikuti kegiatan.

Kegiatan Pendampingan Pengembangan Video Pembelajaran Yang Menarik Dengan Memanfaatkan Aplikasi Yang Mudah Bagi Guru-Guru di Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur selesai pada pukul 12.00 WIB.

Untuk menindaklanjuti hasil dari pematerian yang sudah dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2022 ini, akan dilakukan beberapa kali pendampingan yang diagendakan setiap hari sabtu dan akan selesai sampai dengan tanggal 30 Agustus 2022 secara daring. Kegiatan pendampingan secara daring ini rencananya akan dilaksanakan oleh fasilitator dari UNJ sendiri agar guru-guru benar-benar dapat membuat produk video pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan tujuan.

Sumber : infodesaku.co.id