DISKUSI ILMIAH KONSEP DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MASYARAKAT

Diskusi ilmiah pls1

Jakarta, 6 Desember 2019. Mahasiswa Prodi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Jakarta angakatan 2019 telah melangsungkan Diskusi Ilmiah  tentang Konsep dan Implementasi Pendidikan Masyarakat pada Matakuliah Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah dengan Dosen Pengampu Dr. Anan Sutisna, M. Pd di Ruang Sidang lantai 3, Gedung Daksinapati, Fakultas Ilmu Pendidikan pada pukul 08.00-10.30 WIB. Diskusi ilmiah ini diawali dengan pemaparan isi buku ajar yang disampaikan oleh empat kelompok yang berasal dari Pendidikan Masyarakat kelas A sebanyak dua kelompok dan Pendidikan Masyarakat kelas B sebanyak dua kelompok.

Diskusi ilmiah pls2Kegiatan diskusi ilmiah ini dimoderatori oleh Ananda Syaiza Nurul Azkia Haenesa dan Ananda Zahra Fakhirah. Pemaparan pertama disampaikan oleh kelompok 1A yang beranggotakan (1) Davina Swasono Putri, (2) Intan Nur Afifah, dan (3) Riana Fatihah dengan judul buku Evaluation for Continouing Education,  Kelompok 1B beranggotakan (1) Herlina Fitriani Editya, (2) Khusnul Nur Ajizah, dan (3) Sukma Dianti dengan judul buku Community Education and Social Change. Kelompok 2A beranggotakan (1) Laila Lutfia, (2) Putri Adelia, dan (3) Silvia Angraeni dengan judul buku Key Concept an Adult Learning, serta Kelompok 2B  yang beranggotakan (1) Ananda Tri Utami, (2) Aulia Fairuz, dan (3) Muhammad Rizky Nugroho dengan judul buku Community Education More than Just a Course.

 

 

Diskusi ilmiah pls3Diskusi ilmiah pls4Kegiatan pertama dibuka dengan sambutan oleh moderator dan pengantar dari Dosen Pengampu matakuliah Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah (PLS) tentang pentingnya pemaparan dan pemahaman Mahasiswa tentang ruang lingkup dan pentingnya Pendidikan Masyarakat.

Selanjutnya, kegiatan pemaparan buku dengan judul Evaluation for Continouing Education karya Alan B Knox  yang dibawakan oleh kelompok 1. Pemaparan tersebut menyampaikan tentang bagaimana mengevaluasi sebuah sistem pendidikan agar menjadi sebuah pencapaian yang sukses dan landasan atau panduan menjadi sukses. Pemaparan buku yang kedua disampikan oleh kelompok 1B  yang berjudul Community Education and Social Change. Pemaparan yang disampaikan  meliputi Penelitian kualitatif mengeksplorasi sifat pendidikan masyarakat saat ini di Donegal. Pemaparan buku ketiga disampikan oleh kelompok 2A dengan judul buku Key Concept an Adult Learning karya Malcom Tight. Buku ini memaparkan tentang konsep pembelajaran bagi orang dewasa yang sesuai kebutuhan, serta organisasi penunjang kebutuhan orang dewasa. Pemaparan terakhir disampaikan tentang Menjelajahi Hasil dan Dampak Departemen Pendidikan dan Keterampilan Pendidikan Masyarakat yang didanai.

Dari tiap-tiap pemaparan yang disampaikan oleh masing-masing kelompok terjadi pola pemaparan yang interaktif yaitu dengan adanya pertanyaan untuk masing-masing kelompok. Setelah semua pemaparan yang disampaikan oleh kelompok 1A hingga 2B Dosen Pengampu Mata Kuliah Konsep Dasar PLS memberikan kesimpulan dan penguatan akhir tentang materi yang disampaikan bahwa Pendidikan Masyarakat memiliki peran penting dalam keberlangsungan pendidikan di Indonesia. Hal ini menyiratkan bahwa pendidikan masyarakat tidak hanya menunjang pendidikan formal melainkan sebagai sebuah sarana atau wadah yang dapat memebantu masyarakat dalam pengaktualisasian diri.

Diskusi ilmiah pls5