Program PKM Mahasiswa Prodi Pendidikan Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ di PKBM N 16 Rawasari, Jakarta 2019

PKM PKBM N 16

Kegiatan PKM Program Studi Pendidikan Masyarakat tahun 2019 di PKBM Negeri 16 Rawasari berjalan dengan baik. Dengan 6 orang anggota, kelompok kami mampu menyelesaikan 5 program individu dan 1 program kelompok. PKM dimulai dari tanggal 23 Juli 2019 sampai tanggal 17 Oktober 2019, Dosen Pembimbing Dr. Anan Sutisna, M.Pd.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah wadah kegiatan pembelajaran masyarakat yang diarahkan pada pemberdayaan potensi, agar warga belajar memiliki kemampuan dalam hal pengetahuan dan keterampilan atau kecakapan hidup. Dalam kesempatan ini, kami sebagai mahasiswa Prodi Pendidikan Masyarakat berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Pembinaan Kompetensi Mahasiswa di PKBM Negeri 16 Jakarta. Adapun dalam kegiatan tersebut, kami dituntut untuk dapat menjadi fasilitator bagi pengembangan kualitas PKBM baik warga belajar maupun tutor sebagai tenaga pendidik.

Program Pertama kami yaitu pelatihan pembuatan CV yang baik dan benar. Peserta didik paket C diberikan program berupa pelatihan pembuatan CV, dimaksudkan agar peserta didik tersebut dapat mempersiapkan diri untuk lebih berkompetitif dalam mencari pekerjaan setelah lulus dari PKBM. Peserta didik paket C yang hadir sejumlah 40 orang cukup antusias dalam mengikuti pelatihan Pembuatan CV, tidak sedikit dari mereka yang belum memahami sistematika dalam pembuatan CV yang baik dan benar.

PKM PKBM N 16 (1)

Lalu berlanjut ke pelaksanaan program Kedua kami, yaitu pelatihan membuat bross dari kain perca. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan selama praktek, sebagian peserta didik mampu menjahit kain perca dengan jahitan yang rapih meskipun mereka jarang menjahit sehingga dapat membuat bross kain perca dengan hasil yang bagus dan tidak merasa kesulitan saat membuat bross kain perca selama proses pelatihan. Peserta didik yang hadir cukup antusias dalam mengikuti pelatihan pemanfaatan kain perca, mereka menirukan apa yang dipraktekan oleh tutor.

Program Ketiga yang dilaksanakan selanjutnya ialah pelatihan pembuatan salad buah dan teknik pemasarannya. Selama praktek pelatihan pembuatan salad buah, peserta didik turut berpartisipasi dengan baik dari keikutsertaan peserta didik yang cukup banyak. Peserta didik mampu membuat salad buah dengan rasa yang lezat dengan penampilan yang cukup menarik. Namun pada saat pelaksanaan pelatihan pembuatan salad buah, suasana belajar kurang kondusif dikarenakan peserta didik banyak yang mengobrol. Ditambah peserta didik yang banyak datang terlambat mengakibatkan diundurnya waktu pelatihan pembuatan salad buah.

Program yang Keempat adalah Peserta didik Paket A diberikan program berupa lomba “Triple C“ dimaksudkan agar dapat melatih sikap kerja sama mereka dan juga menumbuhkan daya kreatifitasnya. Kehidupan sosial yang biasanya mereka jalani akan menuntut mereka untuk dapat menggunakan kedua hal tersebut, khususnya dalam hal memecahkan suatu permasalahan. Harapannya setelah peserta didik Paket A mengikuti lomba ini dengan cukup baik, mereka mampu bekerja sama dengan teman sebaya ataupun orang lainnya di dalam lingkungan sosialnya. Dan juga terbiasa menggunakan nalar berpikir kreatifnya untuk mencari alternatif solusi dari setiap permasalahan yang mungkin akan dihadapinya.

Program Kelima individu terakhir kita yaitu pelatihan painting kaos via cat acrylic dan in house training bersama dengan tutor. Dari pelatihan painting kaos menggunakan cat acrylic diharapkan dapat menambah keterampilan peserta didik paket C dan menumbuhkan jiwa wirausaha pada peserta didik. Semoga peserta didik dapat meningkatkannya diluar program pelatihan dan membuat suatu yang bermanfaat kedepannya. Sedangkan dengan adanya program in house training bersama dengan tutor, diharapkan para tutor PKBM Negeri 16 Rawasari dapat menyusun instrumen evaluasi hasil belajar yang mandiri dan sesuai dengan RPP, tidak lagi hanya mengambil referensi soal dari buku ataupun internet. Pelatihan ini pun tidak hanya bermanfaat bagi tutor PKBM, tapi juga sangat bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa dalam upaya meningkatkan kemampuan dan pengetahuan khususnya dalam hal tersebut.

Terakhir satu program bersama kita yaitu pendampingan peserta lomba cerdas cermat yang dimana pada dilaksanakan karena merujuk saran dari para tutor yang memang menyeleksi langsung para peserta lomba, kemampuan yang dimiliki oleh peserta sudahlah cukup membuat kami itu yakin bahwa mereka memiliki potensi yang cukup besar, tinggal bagaimana kami sebagai pendampingnya dapat memberikan treatment yang sesuai dengan kebutuhan belajar mereka. Perbedaan sifat dan karakteristik juga menjadi tantangan tersendiri bagi kami yang mendampingi, dimana harus selalu mampu mensiasati keadaan agar proses pendampingan belajar dapat terus berjalan dengan suasana yang kondusif dan bersahabat bagi para peserta. Penyesuaian materi ajar juga dilakukan dengan seksama bersama para peserta agar dapat mengetahui sejauh mana materi yang harus dikuasai.

Ari Kurnia, Ayun Meiliana, Fritzky Iandra Pratama, Imam Ahmad, Retno Dwi Sri H., dan Windi Syelina

Dosen Pembimbing: Dr. Anan Sutisna, M.Pd