Sebagai sebuah unit pelaksana Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta, Program Studi Bimbingan dan Konseling berusaha menjawab tuntutan kurikulum untuk mengasilkan lulusan yang berkualitas dan tepat waktu dalam empat tahun bahkan lebih cepat dari itu. Pada hari Selasa, 11 Februari 2025 bertempat di Ruang Sidang FIP Lantai 3, Program Studi Bimbingan dan Konseling menyelenggarakan Pelatihan dengan tema “Strategi Merencanakan Penelitian” yang ditujukan untuk seluruh mahasiswa Angkatan 2022 yang pada bulan Maret nanti akan memasuki semester 6. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa dosen Bimbingan dan Konseling dan diikuti oleh 61 orang peserta. Rangkaian pelatihan ini akan dilakukan selama 2 hari dimana sesi berikutnya akan dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2025.
Pada kegiatan pelatihan ini, mahasiswa akan dibekali pemahaman dan keterampilan menggunakan aplikasi Publish or Perish dan Mendeley untuk menganalisis dan mengelola referensi pada sebuah karya ilmiah. Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi untuk menemukan referensi yang relevan mengenai topik penelitian dan database jurnal. Materi Publish or Perish disampaikan oleh Lucky Nindi Riandika M, M.Pd (Dosen BK) sedangkan materi Mendeley disampaikan oleh Mohamad Saripudin, M.Pd (Dosen BK). Penggunaan masing-masing aplikasi juga didemonstrasikan secara langsung oleh Narasumber dan dipraktekkan langsung oleh Mahasiswa pada perangkat laptop masing-masing.
Setelah pelatihan hari ini dan pelatihan Vos Viewer pada sesi ke dua nanti mahasiswa diwajibkan untuk menghasilkan matriks penelitian, gap riset, dan rencana judul proposal penelitian yang akan di tagihkan pada mata kuliah Metodologi Penelitian Lanjutan di semester 6 mendatang. Sehingga, saat akan melaksanakan Praktikum Keterampilan Mengajar di semester 7, mahasiswa telah siap melakukan pengambilan data di lapangan. Hal tersebut juga menjadi salah satu pertimbangan pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dilakukan sebelum memasuki perkuliahan semester 122.
Antusias mahasiswa terlihat sangat jelas dari proses diskusi yang cukup interaktif. Menurut penuturan dari beberapa mahasiswa, kegiatan seperti ini sangat membantu mereka dalam perencanaan penelitian bahkan mahasiswa mengharapkan kegiatan serupa akan diselenggarakan kembali dan berkelanjutan. Harapannya, pelatihan ini dapat membantu percepatan penyelesaian proposal penelitian mahasiswa yang secara langsung akan menunjang penyelesaian studi tepat waktu pula.