Aktif Berkontribusi dalam Pengembangan Ilmiah dan Kreativitas, Mahasiswa Penmas UNJ Mengikuti Sosialisasi dan Partisipasi Jurnal AKRAB (Aksara Agar Berdaya) Oleh Kemendikbud

Pada tanggal 16-18 November, perwakilan mahasiswa S1 dan S2 Program Studi Pendidikan Masyarakat mengikuti sosialisasi dan partisipasi Jurnal AKRAB (Aksara Agar Berdaya) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud, Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah bertempat di Royal Hotel Bogor.

Sebagai informasi, Jurnal AKRAB adalah terbitan berkala ilmiah yang saat ini dikelola oleh Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Sebelum mengikuti kegiatan ini, para peserta diwajibkan untuk meng-upload draft artikel jurnal tentang hasil penetian/pengkajian dan pengembangan model pembelajaran di bidang pendidikan nonformal, khususnya pendidikan keaksaraan dan pengembangan literasi untuk pemberdayaan masyarakat yang nantinya akan direview oleh reviewer dan dibahas pada saat kegiatan berlangsung.

Judul artikel jurnal yang dikirimkan oleh Mahasiswa S1 Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Jakarta adalah sebagai berikut : Nirsa Ismi Almanda (Kodas: Inspirasi Literasi Melalui Pelatihan Jajanan Sehat Untuk Penjaja Makanan Sekolah Dasar Menteng Dalam), Armelliana Ussy (Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Usia Terhadap Kesadaran Mengelola Sampah di Lingkungan Masyarakat RW03 Kelurahan Bintara), Fitri Kharisma Utami (Revitalisasi Urban Farming: Inovasi Media Tanam dengan keterbatasan lahan di DKI Jakarta), Serafim Esternita Rotty (Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Ditinjau dari Perspektif Community Economic Development (CeD) dan Pendidikan Lingkungan), Melodi Adinda Vibelsa (Literasi Media Sosial Kepada Generasi Z Sebagai Upaya Mewujudkan Generasi yang Kritis Akan Informasi Terbaru).

Dan beberapa judul artikel jurnal yang dikirimkan oleh Mahasiswa S2 Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Jakarta : Dewi Rahmadania dan Ratna Dumasari (Analisis Resiliensi Komunitas Melalui Inovasi Pendidikan Keaksaraan Berbasis Teknologi Dalam Strategi Mitigasi Bencana), Nisa Nursundanis Multisuandi dan Anas Muthtar (Literasi Digital Tutor Pada Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM).

Dalam kegiatan ini juga turut hadir perwakilan mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Institut Pertanian Bogor. Kegiatan berlangsung sangat intensif dan menyenangkan, selain menambah kemampuan serta pemahaman dalam pengembangan ilmiah dan kreativitas juga menambah relasi dan mengeratkan silaturahmi antar cendekiawan di bidang Pendidikan Masyarakat.

Pada hari pertama fokus pada pembukaan serta penjelasan teknis, dalam kegiatan di hari pertama, Nirsa Ismi Almanda mahasiswa S1 Pendidikan Masyakat Universitas Negeri Jakarta mendapatkan kesempatan sebagai MC dan Serafim Esternita sebagai pemandu lagu (dirigen). Pembukaan berlangsung khidmat dan penuh motivasi mengenai pentingnya untuk mengembangkan pendidikan literasi dan keaksaraan di Indonesia, ada pemaparan mengenai Materi Panduan Penulisan Artikel pada Jurnal Akrab oleh Dosen Penmas Universitas Negeri Jakarta Dr. Puji Hadiyanti, M,Si. Di hari kedua jadwalnya cukup padat mengingat pada hari kedua sudah fokus kepada progress penulisan artikel serta pemaparan Materi Alur Penerbitan Artikel Pada OJS Jurnal AKRAB yang disampaikan secara langsung oleh Deden Sumirat, M.Kom. dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional). Kegiatan di hari ketiga ada refleksi dan evaluasi, arahan dan penutupan, dan yang terakhir penyelesaian administrasi.

Selain bermanfaat dari segi akademis, kegiatan ini juga mampu menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi para peserta. Keterlibatan aktif dalam sesi-sesi interaktif, diskusi kelompok, dan presentasi artikel jurnal memberikan platform bagi mahasiswa untuk berbagi ide dan pemikiran mereka. Selama acara ini, mahasiswa tidak hanya mengasah kemampuan akademis mereka tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kolaborasi yang sangat diperlukan di dunia profesional.

Partisipasi yang gemilang dari mahasiswa S1 dan S2 Program Studi Pendidikan Masyarakat UNJ dalam kegiatan ini juga menjadi bukti nyata bahwa mereka mampu bersaing di dunia global. Melalui kemampuan mereka dalam menyusun artikel-artikel berkualitas tinggi, mahasiswa menunjukkan dedikasi mereka terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan kontribusi positif terhadap masyarakat. Keberhasilan dalam mempresentasikan hasil penelitian mereka di hadapan para peserta dari berbagai perguruan tinggi menegaskan bahwa mahasiswa Pendidikan Masyarakat UNJ memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin di bidangnya dan berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat di tingkat lokal maupun global.

Ditulis Oleh: Nirsa Ismi Alamanda