Magang MSIB di PT Global Alih Daya (Agent & Co) – Mendalami Dunia Operasional dan Membentuk Calon Kandidat Unggul

Jakarta, 2 April 2024

Enam Mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Masyarakat FIP UNJ, telah berhasil terseleksi untuk mengikuti program Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) Batch 6 di Agent & Co (PT Global Alih Daya). Jirmansyah Gustia, Layli Aisyah, Selina Astarida, Fathiyah Nur Rizqiqa, Anggraeni Puspita Sari, dan Fadillah Putri Intan mereka merupakan bagian dari angkatan 2021 yang bersemangat mengikuti kesempatan berharga ini

Sebagai bagian dari program MSIB, mereka ditempatkan pada divisi operasional bagian HRD, HRD merupakan proses pengembangan dan pelepasan keahlian manusia melalui pelatihan dan pengembangan serta pengembangan organisasi dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja. Seorang HR mengidentifikasi posisi yang dibutuhkan oleh klien. Sebelum melakukan  wawancara, perekrut akan mengidentifikasi dan meneliti posisi spesifik  yang diperlukan untuk mengisi posisi saat ini. Hal ini  memudahkan perekrut untuk menemukan kandidat yang benar-benar memenuhi kebutuhan mereka.

Pada divisi HRD dengan fokus seorang recruiter yang menggunakan platform job  portal seperti LinkedIn, Indeed, dan Glints untuk mencari kandidat calon karyawan, tugasnya melibatkan serangkaian aktivitas yang melibatkan interaksi dengan berbagai tipe individu serta melakukan proses penyaringan dan penilaian untuk menentukan kandidat yang paling cocok untuk posisi yang ditawarkan. Seorang recruiter akan menggunakan fitur pencarian di platform-platform tersebut untuk menemukan kandidat yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan, seperti pengalaman kerja, keterampilan, pendidikan, dan lokasi. Mereka dapat menggunakan filter-fitur yang disediakan untuk menyaring kandidat sesuai dengan kebutuhan spesifik dari perusahaan atau posisi yang sedang dibuka.

Setelah menemukan kandidat potensial, recruiter akan meninjau profil LinkedIn, Indeed, atau Glints mereka untuk memahami lebih lanjut tentang pengalaman kerja, pendidikan, proyek-proyek terdahulu, dan rekomendasi dari pengalaman sebelumnya. Mereka akan mencari kesesuaian antara keterampilan dan pengalaman yang dimiliki oleh kandidat dengan kebutuhan spesifik dari posisi yang ditawarkan. Setelah semua wawancara selesai, recruiter akan mempertimbangkan semua informasi yang dikumpulkan untuk menentukan kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kesempatan yang diberikan untuk terjun langsung ke dalam dunia recruiter hal ini sesuai dengan karakteristik pelayanan HR yang bersifat tidak dapat diraba dan rekruitmen merupakan salah satu bentuk pelayanan yang terdiri dari tindakan nyata dalam memenuhi kebutuhan organisasi. Seiring dengan itu, magang di sini juga memberikan pemahaman tentang layanan konsultasi HR, di mana konsultan SDM bertanggung jawab untuk mengembangkan solusi dalam merekrut karyawan, mengelola kualitas personnel, dan menciptakan iklim psikologis yang kondusif di tim. Dengan demikian, melalui magang ini, mereka dapat belajar bagaimana pelayanan HR memiliki dampak langsung terhadap keberhasilan organisasi, baik melalui rekrutmen yang efisien maupun strategi pengelolaan sumber daya manusia yang optimal.

Dengan kesempatan ini, mereka  berharap dapat meraih pengalaman berharga dalam industri kerja yang akan menjadi bekal berharga bagi masa depan mereka setelah lulus. Mereka berkomitmen untuk menjalani proses magang dengan penuh dedikasi dan semangat untuk belajar hal-hal baru di dunia kerja, serta menjadi langkah awal dalam membangun karier profesional mereka di masa depan serta menjadi output yang baik dan berkesan bagi PT Global Alih Daya (Agent & Co) .