Magang: Sarana Melatih Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Masyarakat

Jakarta, 1 April 2024 – Nurhasanah Alwi Mursani sebagai Mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Jakarta saat ini tengah melaksanakan kegiatan magang di Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Lembaga ini mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan, penyusunan, dan pemberian rekomendasi strategi kebijakan di bidang pemerintahan dalam negeri.

Saya ditempatkan pada Pusat Strategi Kebijakan Kewilayahan, Kependudukan dan Pelayanan Publik. Di pusat ini memiliki tugas melaksanakan penyusunan kebijakan teknis, penyusunan rencana program dan anggaran, monitoring, evaluasi, serta penetapan dan pemberian rekomendasi strategi kebijakan, serta penetapan dan pemberian rekomendasi strategi kebijakan di bidang administrasi kewilayahan daerah dan desa, kependudukan dan pencatatan sipil serta pelayanan publik.

Dalam magang ini saya melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya:

  1. Mendata aset di BSKDN Kemendagri dan membuat tabulasi dari data yang telah dikumpulkan, kemudian dari tabulasi data ini akan dikumpulkan menjadi Big Data BSKDN Kemendagri.
  2. Mengikuti rapat bersama para staf di BSKDN Kemendagri dan beberapa kali bertemu dengan para stake holder, salah satunya pihak dari Yayasan Nusantara Sejati (YNS), dimana Yayasan ini berperan sebagai katalis dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik di Indonesia yang dikaitkan dengan pembangunan daerah, yayasan ini memberikan pendekatan berbasis pengetahuan terhadap aspek-aspek pembangunan daerah terutama aspek pembangunan manusia sebagai basis utama dalam pembangunan di tingkat daerah, pembangunan manusia melalui keberadaan sektor pendidikan yang baik akan mendorong dan meningkatkan good governance.
  3. Bekerja sama membuat desain banner pada kegiatan Forum Diskusi Aktual (FDA) mengenai Strategi Penerapan Digitalisasi Mal Pelayanan Publik (MPP) di Daerah di Kabupaten Sinjai, MPP ini merupakan salah satu wujud nyata reformasi birokrasi pelayanan publik yang strategis, inovatif, kreatif, dan berdampak luas, yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.
  4. Membantu membuat draft Surat Keputusan (SK) Tim mengenai Analisis Model Percepatan Transformasi Digital Pelayanan Publik di Daerah, dimana saya diberikan bahan ajar untuk menuliskan hal-hal yang akan dimasukkan ke dalam draft tersebut.
  5. Membuat notula pada kegiatan rapat serta mengelola media sosial Instagram Pusat Strategi Kebijakan Kewilayahan, Kependudukan dan Pelayanan Publik, dimana saya membuat materi publikasi dari kegiatan rapat yang dilakukan dan mendesain foto kegiatan rapat yang akan publikasikan di media sosial Instagram Pusat Strategi Kebijakan Kewilayahan, Kependudukan dan Pelayanan Publik.

Dalam kegiatan magang yang saya tempuh saat ini, terdapat beberapa kegiatan yang berkaitan dengan mata kuliah yang saya ikuti yaitu Pengembangan Usaha Layanan Konsultasi dan Jasa Pendidikan Luar Sekolah (PLS) yang diampu oleh Ibu Dr. Puji Hadiyanti, M.Si. dan Ibu Retno Dwi Lestari, M.Pd., dimana metode usaha layanan dan konsultasi jasa PLS ini terdapat desain sumber daya pembelajaran dan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan dengan kegiatan yang saya laksanakan dalam magang ini. Saya merasakan pengalaman baru di dunia kerja yang sesungguhnya, bertemu dan bersosialisasi dengan orang-orang baru, melihat dan mengetahui budaya kerja di lembaga ini, bekoordinasi serta bekerja sama dalam tim. Hal ini akan menjadi pengalaman berharga dan tentunya sangat bermanfaat dalam pengembangan karir saya kedepannya.